ESSAY

Writer / NIM
BRAYEN WANGANIA / 532417043
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
MUKHLISULFATIH LATIEF, S.Kom., MT / 0010127701
Advisor 2 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Abstract
BRAYEN WANGANIA, pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran teknologi layanan jaringan kelas XI Tkj di SMK Negeri 1 Lolak (Dibimbing oleh pembimbing 1 Mukhlisulfatih Latief, S.Kom., MT dan pembimbing 2 Arip Mulyanto, M.Kom). Proses pembelajaran yang berlangsung guru memberikan materi pembelajaran dalam bentuk modul maupun presentasi dalam bentuk power point namun sebagian besar hanya dalam bentuk teks yang kurang menarik dan interaktif sehingga siswa cepat merasa bosan, selanjutnya proses pembelajaran berlangsung kurang optimal karena sebagian materi komunikasi data membutuhkan kegiatan praktek namun, tidak didukung media pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan untuk siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Lolak. Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan model Hannafin dan Peck. Hasil penelitian melalui uji kelayakan media pembelajaran oleh dua ahli materi yaitu guru mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan diperoleh rata-rata presentase kelayakan sebesar 87,4% dengan kategori sangat layak. Dan hasil pengujian kelayakan media pembelajaran oleh dua ahli media dari pihak TVRI Gorontalo diperoleh presentase rata-rata 95,4% dengan kategori sangat layak. Serta hasil penilaian tanggapan siswa (respon siswa) terhadap media pembelajaran dalam uji coba dengan 20 orang siswa diperoleh presentase rata-rata 86,9% yang masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan yang dikembangkan di SMK Negeri 1 Lolak layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media pembelajaran; Teknologi Layanan Jaringan; penelitian dan pengembangan (R&D) model Hannafin dan Peck
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011