ESSAY

Writer / NIM
RENALDO HADJI / 532417054
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Advisor 2 / NIDN
MANDA ROHANDI, S.Kom, M.Kom / 0014058301
Abstract
Renaldo Hadji. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Menggunakan Modul Digital Interaktif (Studi Kasus Kelas X Jurusan RPL, SMK Negeri 3 Gorontalo) (dibimbing oleh Arip Mulyanto, M.Kom dan Manda Rohandi, S.Kom., M.Kom). Komputer dan Jaringan Dasar merupakan mata pelajaran produktif program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Gorontalo. Namun dalam kebijakan pelaksanaan pembelajaran secara online terdapat beberapa permasalahan yaitu media pembelajaran dirasa kurang menarik sehingga siswa cepat merasa jenuh ketika pembelajaran berlangsung, media pembelajaran juga kurang melibatkan siswa aktif sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru, dan para siswa memiliki nilai yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menunjukan pemahaman siswa terhadap materi masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar setelah menggunakan modul digital interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental One-Group Pretest-Posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan pemahaman siswa setelah menggunakan modul digital interaktif, didasari atas perbedaan rerata nilai pretest dan posttest yang didapatkan sebesar 0,00 lebih kecil dari < 0,05. Sehingga disimpulkan pembelajaran menggunakan modul digital interaktif pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi pelajaran. Kata kunci: Modul Digital Interaktif; Pemahaman Siswa; Pre-Experimental.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011