ESSAY

Writer / NIM
MUHAMMAD FAUZAN BAU / 532417059
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
MUKHLISULFATIH LATIEF, S.Kom., MT / 0010127701
Advisor 2 / NIDN
MOH. RAMDHAN ARIF KALUKU, S.Kom, M.Kom / 0007048902
Abstract
Masalah pembelajaran yang sering dihadapi saat ini adalah kurangnya media pembelajaran yang menarik yang berbasis game edukasi yang bisa dimanfaatkan oleh guru dengan cara belajar yang kreatif dan juga memudahkan siswa dalam hal ini menerima materi pembelajaran yang atraktif serta menarik respon siswa dan guru dalam menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan di dalam kelas. Media pembelajaran yang dirancang yaitu game edukasi 2D yang dibuat dengan software Construct 2 pada mata pelajaran dasar desain grafis, yang layak digunakan dan dapat meningkatkan respon serta respon siswa terhadap mata pelajaran dasar desain grafis. Metode penelitian menggunakan metode ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Development(4) Implementation (5) Evaluation. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran game edukasi yang memiliki tingkat validitas kelayakan sesuai dengan penilaian para ahli, dari ahli materi, ahli media dan juga respon tanggapan siswa dan dinyatakan sangat layak digunakan. Hasil pengujian kelayakan materi media pembelajaran oleh ahli materi, maka diperoleh nilai kelayakan sebesar 119,5 dan masuk kategori "sangat layak", serta untuk ahli media diperoleh nilai kelayakan sebesar 129 dan masuk kategori "sangat layak", dan untuk penilaian respon tanggapan siswa diperoleh nilai kelayakan sebesar 85,52 dan masuk kategori "layak". Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka Media Pembelajaran Game edukasi layak digunakan dalam proses pembelajaran serta memberikan dampak bagi siswa yaitu meningkatkan respon terhadap mata pelajaran dasar desain grafis. Kata kunci: Game Edukasi; Dasar Desain Grafis; Construct 2
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011