ESSAY

Writer / NIM
JURIAH R. KILO / 532418031
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
SITTI SUHADA, S.Kom., MT / 0028057802
Advisor 2 / NIDN
SUNARDI, S.Pd, M.Pd / 0009069003
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Motivasi Berprestasi siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi di SMK Negeri 5 Gorontalo. 2) pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi di SMK Negeri 5 Gorontalo. 3) Perbedaan Motivasi Berprestasi antara kelas yang diberikan perlakuan Model Problem Based Learning dan kelas yang diberikan perlakuan Discovery Learning pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi di SMK Negeri 5 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Desain ini terdiri dari dua kelompok yang tidak dipilih secara random, kemudian diberi pre-test untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu uji beda paired sample t-test dengan Hasil uji yaitu 1) model problem based learning berpengaruh pada motivasi berprestasi siswa ditunjukan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata motivasi berprestasi siswa pada kelas yang diberi perlakuan Model Problem Based Learning. 2) Model discovery learning berpengaruh pada motivasi berprestasi siswa ditunjukan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata motivasi berprestasi siswa pada kelas yang diberi perlakuan model discovery learning. Dan uji beda independent sample t-test dengan hasil uji yaitu tidak terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara kelas yang diberi perlakuan problem based learning dan discovery learning. Kata kunci : Problem Based Learning, Discovery Learning, Motivasi Berprestasi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011