ESSAY

Writer / NIM
MAHISA H. ALUI / 544412005
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SENI RUPA
Advisor 1 / NIDN
ULIN NAINI, S.Pd., M.Sn / 0006058001
Advisor 2 / NIDN
HASMAH, S.Pd, M.Sn / 0025047801
Abstract
ABSTRAK Mahisa. H.Alui 2017. Praktek Pembuatan Seni Patung Torso Sebagai Karya Tiga Dimensi (Tri Matra) Mata Pelajaran Seni Budayapada Siswa Kelas X TPHP-1 di SMK Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, S1 Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Teknik Kriya, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Ulin Naini, S.Pd, M.Sn (2) Hasmah, S.Pd, M.Sn Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa pada pembelajaran praktek seni patung pada siswa kelas X TPHP-1 di SMK Negeri 2 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Praktek Pembuatan Seni Patung Torso Sebagai Karya Tiga Dimensi (Tri Matra) Mata Pelajaran Seni Budaya pada Siswa Kelas X TPHP-1 di SMK Negeri 2 Gorontalo dapat disimpulkan bahwa siswa sangat antusias dalam pembuatan karya. Sehingga karya yang dihasilkan berdasarkan nilai rata-rata pencapaian kelas masuk dalam kategori C (Cukup). Hal tersebut dapat dilihat dari tingkat ketuntasan pada seluruh siswa dalam pembuatan karya yang dinilai berdasarkan keempat aspek yaitu, estetika, teknik, proporsi dan akurasi kemudian dinilai oleh 3 orang responden. Berdasarkan nilai rata-rata 3 oarng siswa masuk dalam kategori SB (Sangat Baik) atau mancapai 13,04%, 2 orang siswa masuk dalam kategori B (Baik) atau mencapai 8,69%, dan 18 orang siswa masuk dalam kategori C (Cukup) atau mencapai 78,26%. Adapun rata-rata nilai kelas X TPHP-1 masuk dalam kategori C(Cukup) atau mencapai 78,26%. Pada penelitian ini sebelum siswa melakukan pembelajaran praktek, siswa memiliki keterbatasan keterampilan dalam hal pembelajaran seni rupa. Dengan dilakukannya pelaksanaan praktek pembuatan seni patung ini ditemui adanya peningkatan keterampilan siswa dalam menciptakan karya seni rupa tiga dimensi, dalam artian lain tujuan dari pada penelitian ini telah tercapai. Kata Kunci : Praktek, Seni Patung, Torso ABSTRACT Mahisa H. Alui 2017. Practice of Making art of Torso Sculpture as Three Dimension Work (Tridimension) in Budayapadu Lesson of Students at Class X of TPHP-1 of SMKN 2 Gorontalo. Skripsi, Bachelor Study Program of Fine Art, Departement of Craft Engeneering, Faculty of Engeneering, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Ulin Naini, S.Pd.,M.sn and Co- supervisor is Hasmah, S.Pd.,M.Sn. This research aims to investigate students' skill in sculpture art practice learning in class X students of TPHP-1 of SMKN 2 Gorontalo. This is descriptive quantitative research . Research data are collected trought observation, interview an documentation techniques. Practice of making art of torso sculpture of as Three Dimendion Work (Tridimension) in Budayapadu lesson of students at class X of TPHP-1 of SMKN 2 Gorontalo can be concluded that students are very enthusiastic in making the work. Thus, the product based on average score are ini category C (Cukup=Enough). This can be seen from level of students' passing in making the work which is reviewed from four aspect namely aesthetic, technique, proportion, and accuaracy. Then, the work is assessed by 3 respondents. Based on average score, 3 students are in category SB (sangat baik=Very Good) or 13,04%. 2 students are in category B (Baik=Good) or 8,69% and 18 students are in category C (cukup=Enough) or 78,26%. Then, average score of class X of TPHP-1 is in category C(Cukup=enough) or 78,26%. Before students do practice learning, they have limied skill in learning of sculpture. Yet, their skill in making three dimension sculpture work has improved through this research or in the other word is the research aim hias achieved. Keywords: practice, Sculpture, Torso
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011