ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD ABAS / 544415012
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SENI RUPA
Advisor 1 / NIDN
Drs. SULEMAN DANGKUA, M.Hum / 0009126209
Advisor 2 / NIDN
MURSIDAH WATY, S.Pd., M.Sn / 0013057406
Abstract
ABSTRAK Mohamad Abas. 2021. Pembelajaran Seni Kaligrafi Dengan Media Limbah Serbuk Kayu Pada Siswa Kelas X IPA 3 Di SMA Negeri I Suwawa Kabupaten Bone Bolango, Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Drs. Suleman Dangkua M.Hum dan Pembimbing: (2) Mursidah Waty S.Pd, M.Sn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran seni kaligrafi dengan media limbah serbuk kayu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik penentuan sampel purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 3 dengan jumlah siswa 22 orang. Adapun aspek penilaian hasil karya siswa menggunakan IKET yang terdiri dari 4 aspek yaitu Intelektual, Kreativitas, Estetika dan Teknik. Berdasarkan hasil penilaian terdapat kategori Sangat Mampu (SM) terdiri dari 4 orang siswa dengan rentang nilai 75-83 atau persentase sebesar 18,80%, kategori Mampu (M) terdiri dari 9 orang siswa dengan rentang nilai 66-74 atau persentase sebesar 40,10%, kategori Cukup Mampu (CM) terdiri dari 6 orang siswa dengan rentang nilai 57-65 atau persentase sebesar 27,70%, dan kategori Kurang Mampu (KM) terdiri dari 3 orang siswa dengan rentang nilai 48-56 atau persentase sebesar 13,40%. Sehingga hasil penelitian dari 22 orang siswa terdapat 13 orang siswa masuk kategori Mampu dengan persentase sebesar 58,09%, sedangkan 9 orang siswa masuk kategori Cukup Mampu dengan persentase sebesar 41,01%, ini menunjukan bahwa siswa memiliki kategori sangat mampu dan mampu lebih besar jumlahnya dari siswa yang kategori cukup mampu dan kurang mampu dalam mengerjakan tugas praktek seni kaligrafi dengan media limbah serbuk kayu. Kata Kunci : Pembelajaran, Seni Kaligrafi, Limbah Serbuk Kayu.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011