ESSAY

Writer / NIM
NURUL AIN ANTULA / 551413016
Study Program
S1 - TEKNIK ARSITEKTUR
Advisor 1 / NIDN
LYDIA SURIJANI TATURA, ST., M.Si / 0007026709
Advisor 2 / NIDN
NURNANINGSIH NICO ABDUL, ST., MT / 0016077306
Abstract
Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau juga dikenal dengan singkatan RPTRA merupakan tempat atau ruang terbuka yang memadukan kegiatan dan aktifitas warga dengan mengimplementasikan 10 (sepuluh) program Pokok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga untuk mengintegrasikan dengan program Kota Layak Anak (KLA). Kota Gorontalo sendiri merupakan daerah yang sedang berkembang, pemerintah kota Gorontalo sudah mulai membangun ruang publik untuk manyarakat yakni taman yang ada di setiap kecamatan kota. Meski pun demikian ruang publik yang ada di Kota Gorontalo saat ini masih belum banyak yang memberikan aksesibilitas yang sesuai bagi para penyandang disabilitas dan ruang publik yang ramah anak, karena tidak semua ruang publik sesuai dengan kebutuhan anak dan tidak aman bagi anak. untuk Tahun 2017 ini Kota Gorontalo telah mengikuti penilaian Kota Layak Anak (KLA), namun belum memenuhi syarat. Oleh karena itu untuk perancangan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak di Kota Gorontalo ini menggunakan konsep dasar perancangan yang diterapkan yaitu arsitektur perilaku, dimana dalam prosesmerancang Ruang Publik Terpadu Ramah Anak ini disesuaikan dengan perilaku pengunjung anak dan orang tua, oleh karena itu hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana perilaku pengunjung terhadap lingkungan, interaksi sosial dan komunikasi. konsep perancangan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak ini mengutamakan kenyamanan pengunjung anak mau pun pengunjung orang dewasa. Kata Kunci : Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), Arsitektur Perilaku
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011