ESSAY

Writer / NIM
FAJRIN SABUDIN / 561413008
Study Program
S1 - TEKNIK INDUSTRI
Advisor 1 / NIDN
EDUART WOLOK, ST., MT / 0023057605
Advisor 2 / NIDN
IDHAM HALID LAHAY, ST., M.Sc / 0022107405
Abstract
ABSTRAK FAJRIN SABUDIN. 2019. Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Tehadap Pelayanan Akademik Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Pembimbing 1 dan Pembimbing 2 (Dr. Eduart Wolok, ST., MT. dan Idham Halid Lahay, ST., M.Sc) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dari nilai hubungan keterkaitan antara hasil keinginan konsumen dengan teknical respon terhadap pelayanan akademik dan pada Plening Matriks pada pengukuran kerja, bertujuan untuk mendapatkan atribut pelayanan yang harus dilakukan perbaikan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner kepuasan, metode pemecahannya menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Hasil penelitian ini pada Plening Matriks untuk pengukuran kerja, didapatkan 2 atribut jasa yang harus dilakukan perbaikan dari 33 atribut pelayanan dengan kategori tidak puas yaknik, (1) pada kondisi fisik toilet dengan bobot narmalisasi terendah 2,00%, (2) ada pada FT-UNG membantu mahasiswa apabila menghadapi masalah akademik dengan bobot narmalisasi terendah 2,00%. Sedangkan hasil hubungan keterkaitan antara keinginan konsumen dengan teknical respon terdapat tingkat prioritas Relative Impotance untuk tingkat kepuasan mahasiswa dalam pelayanan akademik di Fakultas Teknik UNG dengan kategori puas, terdapat pringakat pertama pada : kehandalan dosen, staf Akademik, dengan tingkat persentas RI sebesar 22,2%. Urutan tingkat persentasi terbesar kedua pada pemahaman terhadap kepentingan mahasiswa dengan persentase Ri sebesar 20,1%, Urutan tingkat persentasi terbesar ketiga adalah Sikap Tanggap, dengan persentase Ri sebesar 20,0%, Urutan tingkat persentasi terbesar keempat adalah Sarana pendidikan - Alat Perkuliahan, Media Pengajaran dan Prasarana Pendidikan, dengan persentase RI sebesar 19,0%, Urutan tingkat persentasi terbesar kelima adalah perlakuan pada mahasiswa, dengan persentase Ri sebesar 17,3% Kata kunci: QFD, HOQ, Fakultas Teknik, Jasa, Pelanggan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011