ESSAY

Writer / NIM
YUSRIYAH ATIKAH GOBEL / 614408105
Study Program
S1 - AGRIBISNIS
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. MAHLUDIN H. BARUWADI, MP / 0011076507
Advisor 2 / NIDN
RIA INDRIANI, SP, M.Si / 0026057506
Abstract
ABSTRAK Yusriyah Atikah Gobel (614408105) “Analisis Margin Pemasaran Jagung di Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo”. Dibawah bimbingan Mahludin Baruwadi dan Ria Indriani. Tujuan penelitian untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, dan faktor-faktor yang mempengaruhi margin pemasaran jagung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Mei 2012. Metode yang digunakan metode survei yaitu berdasarkan hasil wawancara dan observasi. Penentuan lokasi ditentukan secara purposive berdasarkan pertimbangan bahwa daerah penelitian memiliki potensi pertanian jagung yang tinggi, sehingga dipilih kecamatan Telaga Biru, yang menjadi sampel pada penelitian ini yaitu 57 orang petani jagung. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus solvin. Analisis data yang digunakan yaitu analisis saluran pemasaran, analisis margin pemasaran, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan 1) terdapat 4 saluran pemasaran di Kecamatan Telaga Biru terdapat 4 saluran pemasaran dimana dari ke 4 saluran pemasaran yang ada, dapat diketahui bahwa saluran pemasaran IV merupakan saluran pemasaran langsung, karena petani langsung memasarkan jagungnya kepada konsumen, sedangkan untuk saluran pemasaran I, II, dan III merupakan saluran pemasaran tidak langsung karena petani menggunakan lembaga pemasaran untuk memasarkan hasil produksinya. 2) hasil analisis margin pemasaran saluran II memiliki margin pemasaran paling besar yaitu Rp 5.850. Sedangkan untuk margin pemasaran yang paling kecil yaitu terdapat pada saluran IV dengan nilai marin pemasaran Rp 0, hal ini disebabkan petani menjual langsung kepada konsumen. 3) harga ditingkat produsen dan volume penjualan secara bersama-sama berpengaruh terhadap margin pemasaran jagung. Dari hasil uji t, volume penjualan yang paling berpengaruh terhadap margin pemasaran jagung. Kata kunci: margin, pemasaran, jagung, saluran.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011