ESSAY

Writer / NIM
ERLIN SAHABU / 614409086
Study Program
S1 - AGRIBISNIS
Advisor 1 / NIDN
YANTI SALEH, SP, M.Pd / 0024047102
Advisor 2 / NIDN
AMELIA MURTISARI, SP, M.Sc / 0028978601
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model saluran pemasaran dan saluran pemasaran yang paling menguntungkan bagi nelayan di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Tenda Kota Gorontalo. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan data kuantitatif, dengan menggunakan data primer dan data sekunder sehingga data yang dikumpulkan benar-benar akurat. Lokasi penelitian ini dilakukan di Di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Tenda Kota Gorontalo, selama 3 bulan dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang terdiri dari nelayan 10 orang, pedagang besar 10 orang, pedagang pengecer 10 orang, pedagang keliling 10 orang dan konsumen 10 orang.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada tiga bentuk saluran pemasaran yaitu saluran I terdiri dari nelayan / armada kapal → pedagang besar → pedagang pengecer → pedagang keliling → konsumen. saluran II terdiri dari nelayan / armada kapal → pedagang besar → konsumen, saluran III terdiri nelayan / armada kapal → konsumen, Jumlah margin pada saluran I sebesar Rp. 14.400, saluran II sebesar Rp.1.700, pada saluran III tidak terdapat margin karena saluran III adalah saluran langsung atau nelayan/armada kapal menjual langsung ke konsumen. sedangkan keuntungan yang di peroleh pada saluran I sebesar Rp. 12823,3, saluran II sebesar Rp. 678,16. Sehingga saluran yang paling menguntungkan bagi produsen di Pangkalan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Tenda Kota Gorontalo adalah saluran III. Kata kunci :Saluran Pemasaran, Margin, Ikan Laut, Pangkalan Pendaratan Ikan

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011