ESSAY

Writer / NIM
RIZKI SYAMSUL POLAPA / 614411025
Study Program
S1 - AGRIBISNIS
Advisor 1 / NIDN
Dr. Ir. ASDA RAUF, M.Si / 0006076203
Advisor 2 / NIDN
Dr. AMIR HALID, SE, M.Si / 0009017205
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis efisiensi saluran pemasaran jagung di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo, dilaksanakan sejak bulan Januari sampai Mei 2018. Metode yang digunakan adalah metode survey yang merupakan pengumpulan data berdasarkan wawancara dan observasi. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan Custer Sampling (Area Sampling). Data primer adalah data yang diperoleh dari wawancara dan hasil survey langsung dari petani Jagung dengan melakukan penelitian langsung dan data sekunder diperoleh dari berbagai buku, Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo, BP3K Kecamatan Pulubala, makala-makala seminar, dan jurnal penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran langsung dan saluran pemasaran tidak langsung. Saluran pemasaran langsung terdiri dari produsen/petani ke konsumen akhir sedangkan saluran pemasaran langsung terdiri dari produsen/petani ke pedagang besar/pengumpul dan terakhir ke eksportir/konsumen akhir. Kedua saluran pemasaran tersebut dinyatakan efisien karena memiliki nilai efisien saluran pemasaran lebih besar dari 1%. Saluran pemasaran langsung memiliki 2.63% dan saluran pemasaran tidak langsung memiliki 4.70%. Kata Kunci :Pemasaran,Saluran Pemasaran,Efisiensi Pemasaran,Jagung
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011