ESSAY

Writer / NIM
YUSNIAWATI KAI / 614412002
Study Program
S1 - AGRIBISNIS
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. MAHLUDIN H. BARUWADI, MP / 0011076507
Advisor 2 / NIDN
WAWAN K TOLINGGI, SP, M.Si / 0029057801
Abstract
ANALISIS DISTRIBUSI DAN MARGIN PEMASARAN USAHATANI KACANG TANAH DI KECAMATAN PULUBALA KABUPATEN GORONTALO (*) Yusniawati Kai (**); Mahludin Baruwadi (***); Wawan K. Tolinggi (***) Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) Tingkat pendapatan usahatani kacang tanah di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo, 2) Distribusi pemasaran usahatani kacang tanah di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo, 3) Margin pemasaran usahatani kacang tanah di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Penelitian dilakukan di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo dari bulan Agustus sampai dengan bulan November 2016 dengan jumlah sampel 55 orang petani dan 10 orang pedagang. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survey. Analisis data yang digunakan yaitu analisis pendapatan, analisis distribusi dan analisis margin pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan tingkat pendapatan petani berdasarkan status kepemilikan lahan pada usahatani kacang tanah yaitu untuk petani pemilik dan penggarap pendapatan rata-rata sebesar Rp. 2.964.608,08 dengan rata-rata per hektar Rp. 3.631.856,07. Sedangkan pendapatan petani penggarap sebesar Rp.2.930.753,97 dengan nilai rata-rata per hektar sebesar Rp. 2.567.083,77. Saluran pemasaran untuk usahatani kacang tanah di Kecamatan Pulubala terdapat 3 saluran yaitu dari saluran pemasaran I terdiri dari petani pedagang pengumpul pedagang besar konsumen. Saluran pemasaran II terdiri dari petani pedagang pengumpul pedagang pengecer konsumen. Saluran pemasaran III terdiri dari petani konsumen. Margin pemasaran pada saluran I sebesar Rp.12.500 dan pada saluran II Rp. 12.000. Margin tertinggi diperoleh pada saluran pemasaran I yaitu pedagang besar sehingga mengakibatkan bagian yang diterima petani semakin sedikit dibandingkan dengan pedagang. Saluran III tidak memiliki margin karena merupakan saluran langsung. Sehingga saluran yang paling menguntungkan produsen adalah saluran pemasaran III. Kata Kunci : Kacang Tanah, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran *) Judul skripsi **) Mahasiswa Jurusan Agribisnis ***) Tim Pembimbing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011