ESSAY

Writer / NIM
ANDRI LAHAY / 614413082
Study Program
S1 - AGRIBISNIS
Advisor 1 / NIDN
Dr. IRWAN BEMPAH, S.P., M.P. / 9909003945
Advisor 2 / NIDN
Dr. AMIR HALID, SE, M.Si / 0009017205
Abstract
ANALISIS SALURAN PEMASARAN CABAI RAWIT DI DESA MOMALIA II KECAMATAN POSIGADAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN (*) Andri Lahay (**) Irwan Bempah (***) Amir Halid (***) Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah : 1) Bagaimana karakter dan perilaku lembaga pemasaran cabai rawit; 2) Bagaiamana saluran pemasaran cabai rawit; 3) Berapa besar margin dan distribusi margin pemasaran cabai rawit. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Momalia II Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sejak pada bulan Juni sampai dengan bulan Agustus 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survey. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dimana data primer yang diperoleh dari 30 petani dan 1 pedagang sedangkan data sekunder diperoleh dari kantor desa, BPS Provinsi Sulawesi Utara. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling (sengaja). Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, analisis margin dan distribusi margin pemasaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) karakter lembaga pemasaran cabai rawit terdapat satu golongan pedagang saja yaitu pedagang biasa, dan perilaku dari pedagang pengumpul adalah dengan membeli hasil panen cabai rawit dari petani (produsen) kemudian mengambil keuntungan sesuai dengan harga yang ditawarkan oleh pengecer, dan pedagang pengecer adalah lembaga yang berhubungan langsung dengan konsumen akhir untuk membeli dan menjual kembali hasil beli dari dari pedagang pengumpul dengan tujuan mengambil keuntungan yang lebih banyak lagi; 2) Terdapat satu saluran pemasaran, yaitu saluran pemasaran tidak langsung; 3) margin pemasaran sebesar Rp.18.000 dan Distribusi margin pemasaran adalah 88,89% dari margin pemasaran. Kata Kunci : Karakter dan Perilaku, Saluran Pemasaran dan Margin. *) Judul Skripsi **) Mahasiswa Jurusan Agrbisnis ***) Ketua dan Anggota Pembimbing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011