ESSAY

Writer / NIM
KASMAT DALUTA / 614415049
Study Program
S1 - AGRIBISNIS
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. AMIR HALID, M.Si / 0009017205
Advisor 2 / NIDN
YANTI SALEH, SP, M.Pd / 0024047102
Abstract
Kasmat Daluta1), Amir Halid2), Yanti Saleh3) 1) Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo Jl. Prof. Dr. Ing. B.J Habibie Kab. Bone Bolango, 96128 2)Fakultas Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo Jl. Prof. Dr. Ing. B.J Habibie Kab. Bone Bolango, 96128 Email : Kasmatdaluta16@gmail.com ABSTRACT This study aimed to determine the marketing strategy of smoked skipjack tuna commodities in Pasalae Village, Gentuma Raya District, Gorontalo Utara Regency to identify the demographic aspects of the community in the Village in both nominal or percentage measurements. The survey research used Interviews, Questionnaire and observation for data collection that involved the sample of 44 respondents from Pasalae Village, while the data analysis used qualitative descriptive and Swot analysis. The results showed that in product marketing, entrepreneurs sell directly to the district market in Gorontalo Utara Regency without involving distributors or retailers. The internal factors are advantages are large skipjack tuna size, low labor costs, durability and longevity, price. Further, the disadvantages are uneven heat absorption by the product, the requirement for large amounts of fuel, and the requirement to resist the wind during the smoking process. The external factors consist of opportunities that include safe environmental conditions, competitive prices, and a number of enthusiasts. Meanwhile, the threats consists of weather and climate, competitors, rising fish prices, and fishermen's catches. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Strategi Pemasaran Komoditi Ikan Cakalang Asap di Desa Pasalae Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara, Untuk melihat bagaimana aspek demografi masyarakat di Desa Pasalae Kecamatan Gentuma Raya, bagaimana strategi pemasaran ikan cakalang asap di desa pasalae kecamatan gentuma raya baik dalam nominal atau presentase. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survei dan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, teknik kusioner dan observasi. Dimana sampel yang digunakan ini adalah 44 responden di Desa Pasalae Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis Swot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam pemasaran produk, pengusaha menjual langsung ke pasar kecamatan di Kabupaten Gorontalo Utara tanpa melalui distributor atau pengecer, Faktor internal yaitu kelebihan (cakalang besar, biaya tenaga kerja rendah, daya tahan dan umur panjang, harga) dan kerugian (penyerapan panas oleh produk tidak merata, membutuhkan bahan bakar dalam jumlah besar dan menahan angin selama proses pengasapan). Faktor eksternal terdiri dari peluang (kondisi lingkungan aman, harga bersaing, peminat banyak) dan ancaman (akibat cuaca dan iklim, pesaing, kenaikan harga ikan, hasil tangkapan nelayan). Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Ikan Cakalang Asap
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011