Writer / NIM
YUSUF RADJAK / 614415116
Study Program
S1 - AGRIBISNIS
Advisor 1 / NIDN
Dr. Ir. ASDA RAUF, M.Si / 0006076203
Advisor 2 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Abstract
ABSTRAK
Yusuf Radjak. 2019. Analisis Pemasaran Ikan Layang di Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Program Studi S1 Agribisnis, Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertaniian Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Asda Rauf (Pembimbing I ) dan Yuriko Boekoesoe (Pembimbing II)
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi pemasaran terhadapikan layang di Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. (2) menghitung marjin pemasaran pengecer dan pengumpul ikan layang yang berada di Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner kepada responden atau nelayan yang memenuhi kriteria pengambilan sampel. Adapun tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Saluran Pemasaran ikan layang dapat dilakukan dengan 2 cara yakni pemasaran langsung dan pemasaran tidak langsung. Kedua jenis saluran pemasaran memiliki nilai positif dan negative, dimana pemasaran tidak langsung lebih dipilih karena nelayan lebih tersita waktunya untuk kegiatan penangkapan. (2) Marjin Pemasaran yang diterima oleh pedagang pengecer/pengumpul dengan Konsumen akhir sebesar 32,17 %.
Kata Kunci: Margin Pemasaran Nelayan, Ikan Layang
Download files