ESSAY

Writer / NIM
SUSERLA RAUF / 614416065
Study Program
S1 - AGRIBISNIS
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. AMIR HALID, M.Si / 0009017205
Advisor 2 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Abstract
ANALISIS RANTAI PEMASARAN KOMODITAS CENGKEH DI KECAMATAN BILUHU KABUPATEN GORONTALO ABSTRACT The purpose of this study was (1) to describe clove commodity marketing in Biluhu District, Gorontalo Regency 2) to analyze the margin value received by farmers in the clove commodity marketing chain in Biluhu District, Gorontalo Regency. It applied a descriptive quantitative approach and involved 43 people as the population with a saturated sample method to obtain a sample of 41 farmers, 2 intermediary traders, and 1 wholesaler. The data collection technique uses observation, interviews, questionnaires, and documentation, while the data analysis technique uses descriptive analysis and marketing margins. The result discovered that (1) Cloves marketing is carried out by direct marketing to wholesalers and indirect marketing through intermediary traders. Although selling to wholesalers results in a high price, the water content rebate reduces the farmers' cloves' marketing profit below average. (2) Farmers experienced a loss in marketing margin of 24.29% due to the 6% water content rebate from the direct marketing margin, which was 30.14%. In comparison, the indirect marketing margin is 23.93%, meaning that the difference in marketing margin is 0.36%, which is an insignificant difference. Keywords: Marketing Chain, Marketing Margin, Clove Commodity ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pemasaran komoditi cengkeh di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. (2) Menganalisis nilai margin yang diterima oleh petani pada rantai pemasaran komoditi cengkeh di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Pendekatan penelitian yakni kuantitatif deskriptif. Populasi sebanyak 43 orang yang kemudian dengan metode sampel jenuh diperoleh sampel sebanyak 41 orang petani, 2 orang pedagang pengumpul dan 1 orang pedagang besar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan margin pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pemasaran cengkeh oleh petani cengkeh di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo dilakukan dengan cara pemasaran langsung kepada pedagang besar dan pemasaran tidak langsung melalui pedagang pengumpul. Pemasaran pada pedagang besar memperoleh harga yang tinggi namun adanya potongan kadar air yang membuat keuntungan pemasaran cengkeh petani kurang maksimal. (2) Marjin pemasaran yang diterima oleh petani dengan pemasaran langsung sebesar 30,14% namun karena adanya potongan kadar air 6% maka petani mengalami penurunan margin pemasaran sebesar 24,29%. Sementara untuk margin pemasaran secara tidak langsung sebesar 23,93% yang artinya selisih margin pemasaran sebesar 0,36% yang terhitung sangatlah kecil nilai perbedaannya. Kata Kunci: Rantai Pemasaran, Margin Pemasaran, Komoditi Cengkeh
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011