ESSAY

Writer / NIM
WULANDARI PULUHULAWA / 614417040
Study Program
S1 - AGRIBISNIS
Advisor 1 / NIDN
Dr RIA INDRIANI, SP, M.Si / 0026057506
Advisor 2 / NIDN
YANTI SALEH, SP, M.Pd / 0024047102
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelembagaan pemasaran dan sistem pemasaran bawang merah di Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juli sampai September 2021 di Desa Ilomangga Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Penelitian dirancang dengan menggunakan analisis lembaga saluran pemasaran, biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, margin pemasaran, farmers share, dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelembagaan pemasaran di Kecamatan Tabongo memiliki empat saluran pemasaran, dari empat saluran pemasaran hanya saluran pemasaran 1 yang melakukan pemasaran secara langsung karena system pemasarannya dilakukan secara langsung dari petani ke konsumen, saluran 2, 3 dan 4 sistem pemasaraanya dilakukan secara tidak langsung karena system pemasarannya menggunakan perantara yaitu pedagang pengecer dan pengumpul. Margin pemasaran bawang merah pada masing-masing saluran berbeda-beda tergantung peran dari kelembagaan yang ada, saluran pemasaran 2 sebesar Rp. 5000/Kg, saluran pemasaran 3 sebesar Rp. 11.000 dan saluran pemasaran 4 sebesar Rp. 9.000/kg, untuk saluran pemasaran 1 nilai marjin pemasarannya adalah Rp. 0 karena sistem pemasarannya yang dilakukan secara langsung. Biaya pemasaran bawang merah untuk saluran pemasaran 1 Rp. 20.000/Kg saluran pemasaran 2 dan 3 Rp. 25.000/Kg dan saluran pemasaran 4 Rp. 24.000/Kg. Efisiensi pemasaran bawang merah yang ada di Kecamatan Tabongo untuk saluran pemasaran 1 sebesar 0%, saluran pemasaran 2 sebesar 0%, saluran pemasaran 3 sebesar 8% dan saluran pemasaran 4 sebesar 8.33% sehingga sistem pemasaran yang ada di Kecamatan Tabongo termasuk efisien karena persentase dari efisiensi pemasaran kurang dari 10%. Pembagian harga yang diterima petani (Farmers Share) pada saluran pemasaran 1 sebesar 100%, saluran pemasaran 2 sebesar 80 %, saluran pemasaran 3 sebesar 56% dan saluran pemasaran 4 sebesar 62.5%. Kata Kunci: Kelembagaan, Pemasaran, Bawang Merah
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011