ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD RIVALDI PAKAYA / 614417089
Study Program
S1 - AGRIBISNIS
Advisor 1 / NIDN
YANTI SALEH, SP, M.Pd / 0024047102
Advisor 2 / NIDN
LARASATI SUKMADEWI WIBOWO, SP, M.P, M.BA / 0927069001
Abstract
ANALISIS PEMASARAN KOPRA DI KECAMATAN BONEPANTAI KABUPATEN BONE BOLANGO PROVINSI GORONTALO Mohammad Rivaldi Pakaya**; Yanti saleh(***) dan Larasati S. Wibowo(***) Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui saluran pemasaran kopra yang ada di Kecamatan Bonepantai, Kabupaten Bone Bolango (2). Menganalisis efisiensi pemasaran kopra di Kecamatan Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis kualitatif yang digunakan dalam mendeskripsikan saluran pemasaran. Responden yang dijadikan sampel teridiri dari produsen kopra, pedagang pengumpul dan pedagang besar. Pengambilan sampel produsen kopra dilakukan dengan menggunakan metode (puposive Sampling) kemudian pengambilan sampel pedagang dilakukan dengan cara metode penjajakan (tracking Sampling). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif analisis margin pemasaran dan efisiensi pemasaran. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran kopra di Kecamatan Bonepantai melalului dua saluran pemasaran yaitu Petani����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½' Pedagang pengumpul����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½' Pedagang besar ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½' Pabrik, Petani����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½' Pedagang besar ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½' Pabrik. Hasil analaisis margin pemasaran kopra saluran I yaitu Rp.3.000/Kg sedangkan saluran kedua Rp.1.000/Kg. Farmer share yang diterima petani kopra pada saluran I yaitu sebesar 70% sedangkan saluran kedua yaitu 90%. Efisiensi pemasaran pada saluran pertama sebesar 10,5% sedangkan nilai efisiensi saluran kedua adalah 5,5%, sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang yang paling efisien yaitu saluran kedua dengan nilai efisiensi sebesar 5,5%. Kata Kunci: Analisis Pemasaran, Margin, Efisiensi Pemasaran *) Judul Skripsi **) Mahasiswa Jurusan Agribisnis ***) Tim Pembimbing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011