ESSAY

Writer / NIM
HARDIYANTI LAPAMUDI / 614417117
Study Program
S1 - AGRIBISNIS
Advisor 1 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Advisor 2 / NIDN
YULIANA BAKARI, SP., MP / 0008079001
Abstract
ABSTRAK Hardiyanti Lapamudi. Analisis pemasaran beras di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Dibimbing oleh Yuriko Boekoesoe (Pembimbing Utama) dan Yuliana Bakari (Pembimbing Pendamping). Penelitian ini bertujuan: 1)untuk mengetahui saluran pemasaran beras, besarnya margin pemasaran yang diperoleh di setiap lembaga pemasaran pada masing saluran pemasaran, 2) untuk mengetahui efisiensi pemasaran beras yang ada di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dari bulan Oktober-November- Desember 2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode purposive sampling untuk menentukan daerah penelitian, metode simple random sampling penentuan pengambilan sampel dan metode snowball sampling untuk menentukan sampel (informan) lembaga pemasaran. Sehingga total jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 orang yang terdiri dari 40 petani, 5 penggilingan, 10 informan pedagang (pedagang besar, pedagang pengecer, pedagang warung dan Toko Tani Indonesia).Hasil kesimpulan penelitian analisis efisiensi pemasaran yang ada Di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango adalah sebagai berikut: 1) Untuk saluran pemasaran yang ada pada penelitian ini terdiria atas 4 saluran pemasaran yaitu: (a) Petani ����¯�¿�½" Konsumen (b) Petani - Pedagang Pengecer - Konsumen (c) Petani����¯�¿�½" penggilingan Padi ����¯�¿�½" pedagang besar ����¯�¿�½" pedagang pengecer ����¯�¿�½" konsumen (d) Petani ����¯�¿�½" penggilingan padi - Toko Tani Indonesia (TTI) ����¯�¿�½" konsumen, total margin pemasaran tertinggi terdapat pada saluran pemasaran III sebesar Rp.3.000. 2) saluran pemasaran yang paling efisien terdapat pada saluran pemasaran I dan II dengan tingkat efisiensi sebesar 0% dan 0,66% juga saluran pemasaran lain tidak efisien karena >1 yaitu saluran III, IV sebesar 1,83% dan 8,91%. Kata Kunci: Pola Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, beras.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011