ESSAY

Writer / NIM
ARMIN HALUTI / 702617003
Study Program
S3 - PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Abstract
ABSTRAK Armin Haluti. NIM : 702617003. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Assure di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Luwuk Utara. Disertasi Program Doktor Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Promotor : Prof. Dr. H. Hamza B. Uno, M.Pd; Co-Promotor 1 Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd; Co-Promotor 2 Dr. Ismail Djakaria, M.Si. Penelitian ini bertujuan: (1) memberikan deskripsi Kondisi Awal media pembelajaran matematika yang saat ini digunakan, (2) memberikan Rancangan media pembelajaran matematika berbasis ASSURE, (3) memberikan pengetahuan desain Model pembelajaran matematika berbasis ASSURE yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, (4) mengetahui efetivitas produk model pembelajaran matematika berbasis ASSURE dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar Kecamatan Luwuk Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan Reserch and Development (R&D) Angket digunakan dalam pengumpulan data yang berbentuk kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Statistik Deskriptif untuk menguji keefektifan produk yang dihasilkan. Simpulan dari hasil penelitian menunjukkan: (1) Secara umum kondisi objektivitas media yang digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat hanya menggunakan buku ajar dan papan tulis (2) hasil rancanngan media berbasis Assure yaitu analisis peserta didik, menentukan standar dantujuan, memilih media, strategi, menggunakan media, melibatkan siswa dan mengevalusi serta merevisi produk (3) media yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran matematika adapun hasil dari penelitian ini berupa media buatan guru, Buku panduan, dan peningkatan hasil belajar siswa (4) Media buatan guru dan buku panduan efektif berdasar ketuntasan peserta didik sebesar 98% dan hasil respon peserta didik terhadap media sebesar 99,40 serta respon guru 86,95 dari hasil ini dapat disimpulkan media buatan guru dan buku panduan dalam kategori sangat efektif. Kata Kunci : Media, Pembelajaran, Matematika, Efektifitas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011