ESSAY

Writer / NIM
ADHI HARYANTO HASENG / 703516020
Study Program
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Advisor 2 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Abstract
ABSTRAK Adhi Haryanto Haseng. "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Tesis, Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Program Studi Pendidikan Matematika. 2020. Pembimbing : (1) Dr. H. Ismail Djakaria, M.Si (2) Dr. Ali Kaku, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan pemecahan masalah matematis dari peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan awal matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian treatment by level 2 x 2 dilaksanakan di kelas VII MTs Negeri 1 Kotamobagu semester ganjil tahun pelajaran 2019-2020. Data penelitian diperoleh dari instrumen berbentuk tes, yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan awal matematika. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan Analisis Varians Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pada model pembelajaran langsung, (4) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih rendah dari pada model pembelajaran langsung. Kata kunci : Kemampuan awal matematika, Kemampuan pemecahan masalah matematis, Model pembelajaran berbasis masalah.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011