ESSAY

Writer / NIM
HADI YAMIN ASSEL / 703519005
Study Program
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstract
ABSTRAK Hadi Yamin Assel, 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Statistik Dan Komputasi Jurusan Farmasi Universitas Negeri Gorontalo Di Tinjau Dari Self-Regulated Learning (SRL), Pembimbing 1 Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd, dan Pembimbing 2 Dr. Tedy Machmud, M.Pd. Rendahnya hasil belajar mahasiswa pada matakuliah statistik dan komputasi disebabkan banyaknya tantangan yang dihadapi pada pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Selain itu, mahasiswa mengalami kendala karena memiliki Self-Regulated Learning yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Farmasi Universitas Negeri Gorontalo pada matakuliah statistik dan komputasi di tinjau dari Self-Regulated Learning (SRL). Penelitian dilakukan pada bulan Februari-Juli tahun 2021 dengan desain treatment by level 2 x 2. Populasi penelitian ini seluruh mahasiswa yang mengontrak mata kuliah statistik dan komputasi pada Semester Genap TA 2020/2021 berjumlah 104 orang dengan pengambilan sampel secara Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan: (1) kuesioner Self-Regulated Learning (SRL), dan (2) tes uraian untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan pembelajaran daring lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan pembelajaran luring, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan Self-Regulated Learning terhadap hasil belajar, (3) Pada kelompok mahasiswa yang memiliki Self-Regulated Learning tinggi, hasil belajar mahasiswa dibelajarkan dengan pembelajaran daring lebih tinggi dari mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran luring, dan (4) pada kelompok mahasiswa yang memiliki Self-Regulated Learning rendah, hasil belajar mahasiswa dibelajarkan dengan pembelajaran daring sama dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran luring Kata Kunci: Hasil Belajar, SRL, Statistik.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011