ESSAY

Writer / NIM
DEWI FATMAWATY UNE / 703521003
Study Program
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
Dr. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Abstract
Dewi Fatmawaty Une, 2022. ��Ã..."Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Di SMA Negeri 1 Wonosari��. Tesis. Gorontalo. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Program Studi Pendidikan Matematika. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sarson W.Dj Pomalato, M.Pd. (2) Dr. Tedy Machmud, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan menggunakan desain penelitian treatment by level. Penelitian dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari pada semester ganjil tahun ajaran 2022-2023. Data penelitian diperoleh dari instrumen yang berbentuk tes uraian dan pilihan ganda. Masing-masing digunakan untuk tes kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan awal matematis siswa. Analisis data menggunakan analisis varians dua jalur untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSTS lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung ; 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; 3) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSTS lebih tinggi dari yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung; 4) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemampuan awal matematis rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSTS lebih rendah dari yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Awal Matematis, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011