ESSAY

Writer / NIM
HARYATI OCTAVIANI BEMPAH / 703521005
Study Program
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Advisor 2 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Abstract
Haryati Octaviani Bempah. 2023. Pengaruh Status Sertifikasi Guru dan Motivasi Mengajar Terhadap Kompetensi Profesional Guru Matematika Se Kota dan Kabupaten Gorontalo. Tesis. Gorontalo. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Program Studi Pendidikan Matematika. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd (2) Dr. H. Ismail Djakaria, M. Si Tujuan dari peneliltian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kompetensi profesional guru matematika SMP se kota dan Kabupaten Gorontalo yang telah tersertifikasi dan belum tersertifikasi ditinjau dari motivasi mengajar matematika. Penelitian ini merupakan suatu kajian studi ex post facto dengan menggunakan desain penelitian treatment by level 2 x 2. Penelitian dilaksanakan di SMP se Kota dan Kabupaten Gorontalo pada semester ganjil tahun ajaran 2022-2023. Data penelitian diperoleh dari instrumen tes kompetensi profesional guru yang berbentuk pilihan ganda dan angket motivasi mengajar. Analisis data menggunakan Analisis Varians Dua Jalan untuk menguji hipotesis penelitian dan dilakukan uji lanjut dengan menggunakan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi Profesional Guru yang Telah Tersertifikasi lebih tinggi dari guru yang belum tersertifikasi. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara Status sertifikasi dan motivasi mengajar terhadap kompetensi profesional guru. (3) Pada kelompok guru yang memiliki motivasi mengajar tinggi, kompetensi profesional guru yang tersertifikasi lebih tinggi daripada guru yang belum tersertifikasi. (4) Pada kelompok guru yang memiliki motivasi mengajar rendah, kompetensi profesional guru yang tersertifikasi lebih rendah daripada guru yang belum tersertifikasi. Kata Kunci : Status Sertifikasi, Motivasi Mengajar, Kompetensi Profesional Guru.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011