ESSAY

Writer / NIM
NURSAM / 703521017
Study Program
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Advisor 2 / NIDN
Dr. ISMAIL DJAKARIA, M.Si. / 0024026403
Abstract
ABSTRAK NURSAM. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Rasio Trigonometri dengan Model ADDIE ditinjau dari Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Tilamuta. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I). Prof.Dr.Evi Hulukati, M.Pd, Pembimbing (II). Dr.Ismail Djakaria, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kevalidan bahan ajar matematika yang dikembangkan dengan model ADDIE ditinjau dari hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Tilamuta, (2) keefektifan bahan ajar matematika yang dikembangkan dengan model ditinjau dari hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Tilamuta, (3) persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan bahan ajar yang telah dikembangkan dengan model ADDIE. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini dilakukan 5 langkah pengembangan, yakni Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar. Bahan ajar yang dihasilkan selanjutnya divalidasi oleh ahli materi dan bahasa, ahli desain serta peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahan ajar matematika yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan hasil uji kevalidan pada aspek isi modul secara umum diperoleh persentase validitas sebesar 84,76% dengan kriteria Sangat Valid, aspek sistematika isi modul nilai persentase validitas diperoleh 79,22% dan kriteria valid, aspek cakupan isi materi tingkat persentase kevalidan 83,33% dengan kriteria sangat valid dan pada aspek pendekatan kontekstual, tingkat kevalidan hanya 75% namun masih dalam kategori valid. Untuk aspek bahasa, persentase kevalidan sebesar 84,17% dengan kriteria sangat valid, aspek penyampaian isi modul secara umum memiliki persentase 79,26% dan dinyatakan dengan kriteria valid, desain isi modul memiliki persentase 82,50% dengan kriteria sangat valid, sementara untuk jenis huruf, ukuran huruf dan ilustrasi dalam bahan ajar ini memiliki persentase kevalidan 80% dan kriteria masuk dalam kategori valid. Keefektifan bahan ajar matematika materi rasio trigonometri yang telah dikembangkan, diperoleh berdasarkan tes hasil belajar yang diberikan pada peserta didik, diperoleh nilai Persentease Ketuntasan Belajar Klasikal 78,70. Berdasarkan kriteria dengan acuan yang telah diajukan sebelumnya, maka untuk persentase ketuntasan belajar klasikal memperoleh kriteria ����¯�¿�½�..."Baik����¯�¿�½���. Selanjutnya dilakukan uji N-Gain diperoleh skor N-Gain = 0,73. Nilai N-Gain tersebut termasuk dalam kategori Tinggi. Persepsi peserta didik terhadap bahan ajar matematika materi rasio trigonometri diperoleh angka 82,22% untuk tingkat penerimaan peserta didik dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Bahan Ajar, Rasio Trigonometri.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011