ESSAY

Writer / NIM
MUHAMAD ANSAR MUZAKKIR / 703521019
Study Program
S2 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD RIFAI KATILI, Ph.D / 0026056602
Abstract
ABSTRAK Muhamad Ansar Muzakkir, 2022. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Smartphone menggunakan smart apps creator untuk pembelajaran matematika di SMA Negeri 4 Gorontalo. Tesis. Program studi pendidikan matematika, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd, dan Pembimbing II Drs. Muhamad Rifai Katili, M.Kom, Ph.D. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif berbasis smartphone dengan menggunakan smart apps creator (SAC) yang merupakan aplikasi desktop untuk membuat aplikasi mobile smartphone. Kemudian produk hasil pengembangan diuji berdasarkan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas penggunaannya untuk pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Gorontalo dengan subjek penelitian guru dan peserta didik kelas X SMA. Pengembangan produk pada penelitian ini didasarkan langkahlangkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji coba Produk dilaksanakan dua tahap yaitu uji coba skala kecil dengan subjek penelitian 5 orang peserta didik kelas XI dan uji coba skala besar dengan subjek penelitian 28 peserta didik kelas X SMA. Tehnik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi, angket validasi ahli, angket respon peserta didik dan guru, serta instrumen tes hasil belajar peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk multimedia interaktif berbasis smartphone yang disajikan melalui program aplikasi pembelajaran matematika materi perbandingan trigonometri segitiga siku-siku. Produk yang dihasilkan dinilai layak digunakan berdasarkan kriteria kevalidan dari penilaian ahli materi, media, maupun desain pembelajaran dengan perolehan rerata skor berurutan 3,45, 3,78, dan 3,76 semuanya dengan kategori sangat layak. Produk dinilai praktis berdasarkan respon peserta didik dengan rerata skor sebesar 84,29 % dengan kategori praktis, dan rerata respon guru sebesar 95,8 % dengan kategori sangat praktis. Produk juga dinilai efektif berdasarkan hasil belajar peserta didik dengan desain eksperimen one group pretest postest. Dari hasil analisis statistik dengan uji paired sample T test dimana nilai sebesar 12,560 dan nilai sebesar 2,05183 maka . Sehingga hipotesis terdapat perbedaan hasil belajar sebelum menggunakan produk dan setelah menggunakan produk multimedia diterima. Kemudian ditentukan kategori efektivitasnya melalui uji gain score dengan rerata gain score adalah sebesar 0,62 dengan klasifikasi sedang, dan untuk rerata persentase gain score sebesar 62,25 % dengan kategori cukup efektif. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Smartphone, Smart Apps Creator, Pembelajaran, Matematika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011