ESSAY

Writer / NIM
INANG ANGRAINI SAKO / 704518003
Study Program
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Abstract
ABSTRAK Inang Angraini Sako. 2021. Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas V SDN 38 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Dr. Sukarman Kamuli, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar ips pada siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas V SDN 38 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner dan tes hasil belajar kepada siswa serta lembar observasi oleh guru Pamong terhadap peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan karena adanya penggunaan model pembelajaran jigsaw di kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 38 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Peningkatan terlihat dari hasil pengamatan awal memiliki skor sebesar sebesar 55,07% kemudian siklus 1 memiliki skor sebesar 75,87% serta pada siklus 2 memiliki skor sebesar 85,69%. (2) Hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Jigsaw di kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 38 Hulonthalangi Kota Gorontalo mengalami peningkatan yang baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran IPS, dimana pada pengamatan awal hanya sebanyak 13 orang atau sebesar 43,33% dari total siswa, mengalami peningkatan pada siklus 1 sebanyak 21 orang atau sebesar 70,00% dari total siswa dan kemudian mengalami peningkatan kembali pada siklus 2 sebanyak 27 orang atau sebesar 96,67% dari total siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Jigsaw
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011