ESSAY

Writer / NIM
SARINI MAUPA / 704518006
Study Program
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstract
ABSTRAK Sarini Maupa. 2021. Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Di Kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Dr. Rusmin Husain, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Inkuiri terbimbing di Kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. (2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Inkuiri terbimbing di Kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner dan tes hasil belajar kepada siswa serta lembar observasi oleh guru Pamong terhadap peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. Hal ini dibuktikan dari hasil skor pengamatan awal sebesar 54,92% dalam kriteria motivasi rendah, naik menjadi 67,25% dalam kriteria motivasi tinggi pada siklus 1 dan kembali naik menjadi 85,50% dalam kriteria motivasi sangat tinggi pada siklus 2. (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VI SDN 92 Kota Utara Kota Gorontalo. Hal ini dibuktikan dari hasil skor pengamatan awal sebesar 37,50% siswa yang memenuhi KKM, naik menjadi 83,33% siswa yang memenuhi KKM pada siklus 1 dan kembali naik menjadi 100% siswa yang memenuhi KKM pada siklus 2. Kata kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Inkuiri Terbimbing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011