ESSAY

Writer / NIM
RISNAWATI YUSUF / 704520007
Study Program
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. I WAYAN SUDANA, S.Sn,M.Sn / 0006077202
Advisor 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd M.Pd / 0010118302
Abstract
ABSTRAK Yusuf, Risnawati. 2022. pengaruh metode pembelajaran dan jenis kelamin terhadap hasil belajar menggambar imajinatif mata pelajaran SBDP pada siswa kelas tinggi di SDN 42 Kota Gorontalo. Pembimbing : (1) Dr. I Wayan Sudana, S.Sn., M.Sn. Pembimbing : (2) Dr. Pupung Puspa Ardini, S.Pd., M.Pd. sss Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan jenis kelamin terhadap hasil belajar menggambar imajinatif mata pelajaran SBDP pada siswa kelas tinggi di SDN 42 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dimana jawaban responden yang ada pada kuesioner penelitian yang digunakan dalam penelitian, yang kemudian ditabulasi sebagai hasil data primer untuk dianalisis menggunakan analisis data Regresi Linier Berganda. Ada 60 total populasi di kelas tinggi dan semua menjadi objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode Pembelajaran secara parsial memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar menggambar Imajinatif mata pelajaran SBdP pada siswa kelas tinggi SDN 42 Kota Gorontalo, dengan nilai signifikasi 85%; 2) Jenis Kelamin secara parsial memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar menggambar Imajinatif mata pelajaran SBdP pada siswa kelas tinggi SDN 42 Kota Gorontalo, dengan nilai signifikasi 60,5%;3) Metode Pembelajaran dan Jenis Kelamin secara simultan juga memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar menggambar Imajinatif mata pelajaran SBdP pada siswa kelas tinggi SDN 42 Kota Gorontalo, dengan nilai signifikasi 80,8% Disimpulkan, bahwa metode pembelajaran, jenis kelamin dan interaksi simultan keduanya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar menggambar imajinatif mata pelajaran SBdP pada siswa kelas tinggi, khususnya di SDN 42 Kota Gorontalo. Kata kunci; Metode Pembelajaran, Jenis Kelamin, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011