ESSAY

Writer / NIM
SITTI RAHMATIA Y. HILUMALO / 704521008
Study Program
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstract
Sitti Rahmatia Y. Hilumalo, 2022. Pengembangan Media Permainan Edukasi Bahasa Indoensia Fun Board untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa di Kelas II SDN 21 Limboto. Tesis. Pendidikan Dasar Pascasarjan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dr. Wiwy Triyanti Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Penelitian pengembangan media permainan edukasi Bahasa Indonesia Fun Board ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 2 Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research anf Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu 1) Define 2) Design 3) Develop 4) Disseminate. Kavalidan produk dilakukan oleh ahli dengan lembar validasi ahli. Kepraktisan produk diuji dengan uji coba kelompok kecil kepada 8 orang siswa serta uji coba lapangan kepada 20 orang siswa dan dilanjutkan dengan membagikan angket dengan tujuan untuk melihat respon siswa terhadap media. Penelitian menggunakan instrument pengumpulan data angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik data kalitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjikkan bahwa tingkat validitas pengembangan produk permainan edukasi Bahasa Indonesia Fun Board dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 2 Sekolah Dasar menurut ahli materi memperoleh hasil 96.6%, ahli media memperoleh hasil 89%, serta ahli Bahasa memperoleh hasil 93.3% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian uji coba kelompok kecil oleh 8 orang dan uji coba lapangan oleh 20 orang siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase masing-masing sebesar 95.2% dan 94.6%. Hasil pre-test dari 20 orang siswa terhadap keterampilan berbicara memperoleh hasil rata-rata 48 dan hasil post-test memperoleh hasil rata-rata 74. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media permainan edukasi Bahasa Indonesia Fun Board dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 2 sekolah dasar dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Bahasa Indonesia Fun Board, Media Pembelajaran, Permainan Edukasi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011