ESSAY

Writer / NIM
EMMY TIRTA AVIQI / 704521010
Study Program
S2 - PENDIDIKAN DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Emmy Tirta Aviqi, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas V SDN 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Tesis. Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dr. Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berbicara pada siswa Kelas V SDN 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran angket dan tes performance kepada sampel penelitian (siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah anova 2x2 dan independent samples t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan dari keterampilan berbicara siswa pada penggunaan model pembelajaran bermain peran dengan model pembelajaran konvensional di kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dengan keunggulan pada model pembelajaran bermain peran yakni 89,3750 > 70,9375. (2) interaksi model pembelajaran bermian peran dengan rasa percaya diri berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 44,70%. (3) terdapat perbedaan yang signifikan dari keterampilan berbicara pada penggunaan model pembelajaran bermain peran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dengan keunggulan pada model pembelajaran bermain peran yakni 93,3036 > 69,3182. (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari keterampilan berbicara pada penggunaan model pembelajaran bermain peran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki rasa percaya diri rendah kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 9 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dengan keunggulan pada model pembelajaran bermain peran yakni 80,2083 > 72,9167. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran dan rasa percaya diri dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V sekolah dasar. Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Bermain Peran, Konvensional, Rasa Percaya Diri
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011