ESSAY

Writer / NIM
ABUBAKAR SIDIK KATILI / 704616003
Study Program
S3 - PENDIDIKAN IPA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RAMLI UTINA, M.Pd. / 0004085507
Advisor 2 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
Abstract
Abubakar Sidik Katili, 2021. Profil Kemampuan Literasi Biodiversitas Mahasiswa Melalui Pembelajaran Project Based Learning, Prolem Based Learning dan Free Inquity Pada Perkuliahan Ekologi. Disertasi. Program Studi S3 Pendidikan IPA. Promotor: Prof. Dr. Ramli Utina. M.Pd. Co-Promotor I: Dr. Frida Maryati Yusuf, M.Pd, Co.Promotor II : Dr. Masrid Pikoli, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis secara kualitatif profil kemampuan literasi biodiversitas mahasiswa pada perkuliahan ekologi yang menerapkan model pembelajaran Project Based Learning, Problem Based Learning dan Free Inquiry; (2) menemukan sebuah model kualitatif yang dapat mengakomodir kemampuan literasi biodiversitas mahasiswa dalam perkuliahan ekologi menjadi sebuah bentuk kecakapan hidup (Life / Soft Skill). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara langsung kepada mahasiswa peserta kuliah ekologi. Analisis kemampuan literasi biodiversitas didasarkan pada indikator antara lain; (1) kemampuan mendefinisikan biodiversitas dan pemanfaatannya, (2) kemampuan mendefinisikan biodiversitas tingkat gen, tingkat spesies dan tingkat ekosistem, (3) kemampuan menguraikan hilangnya keanekaragaman hayati dan faktor penyebabnya, (4) kemampuan memahami prinsip-prinsip pelestarian Biodiversitas, (5) kemampuan membedakan upaya konservasi biodiversitas, (6) kemampuan menkomunikasikan dan membuat solusi dari berbagai masalah yang berhubungan dengan biodiversitas. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil yang diperoleh mengungkapkan bahwa profil kemampuan litreasi biodiversitas mahasiswa biologi yang mengikuti perkuliahan ekologi yang menerapkan model pembelajaran PjBL, PBL dan Free Inquiry berada dalam rentang kriteria mulai dari sedang, tinggi dan sangat tinggi. Kriteria dengan jumlah yang terbanyak berada pada kriteria tinggi. Hal ini diduga bahwa mahasiswa telah mampu dalam memahami dan menganalisis informasi dalam materi biodiversitas yang dipelajarinya serta mengolah informasi tersebut melalui tugas-tugas yang dikerjakannya. Kemampuan literasi biodiversitas mahasiswa, teramati spesifik mengarah pada kemampuan mendefinisikan biodiversitas tingkat gen, tingkat spesies dan tingkat ekosistem; mengkomunikasikan dan membuat solusi dari berbagai masalah yang berhubungan dengan biodiversitas; dan kemampuan mendefinisikan biodiversitas dan pemanfaatannya. Temuan yang diperoleh adalah sebuah model kualitatif kemampuan literasi biodiversitas. Model yang temukan, diyakini dapat mengakomodir dua pandangan dalam ekologi yakni Shallow Ecology dan Deep Ecology dengan menggunakan tiga model pembelajaran yang diterapkan dalam perkuliahan ekologi. Capaian akhir dari kemampuan literasi biodiversitas dapat mengarah pada soft conservation character yang bermuara pada soft skill biodiversitas. Kemampuan ini dapat mendorong dan berguna bagi mahasiswa biologi menjadi seorang praktisi biodiversitas. Kata kunci : Literasi biodiversitas, model pembelajaran, ekologi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011