Writer / NIM
YUDI IRMANTO / 705518002
Study Program
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RAMLI UTINA, M.Pd. / 0004085507
Advisor 2 / NIDN
Dr. JUSNA AHMAD, M.Si / 0006046210
Abstract
Yudi Irmanto. 2021. Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Ekosistem di Sekolah Menengah Atas dan Madrasa Aliyah Kecamatan Bolano Lambunu. Tesis, Prodi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ramli Utina, M. Pd, (2) Dr.Jusna Ahmad, M.Si.
Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem yang terdiri atas empat kategori yaitu, nominal, fungsional, konseptual, dan multidimensional. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah SMA N 1 Bolano lambunu, SMA N 1 Bolano dan MA N 1 Parigi. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa untuk setiap sekolah yang dipilih melalui random sampling. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif dan triangulasi data menunjukan bahwa peserta didik di kecamatan bolano lambunu masih kurang maksimal dalam menjawab soal-soal literasi sains. Terbukti bahwa dari empat tingkatan kemampuan literasi sains yaitu literasi nominal, fungsional, konseptual dan multidimensional, siswa hanya mampu menjawab sampai pada tahap kemampuan literasi sains nominal, fungsional dan konseptual dengan nilai persentase kemampuan literasi nominal yaitu 53% - 71%, literasi fungsional yaitu 12% - 31%, literasi konseptual yaitu 16% dan tidak ada peserta didik yang mampu sampai tahap multidimensional. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan literasi sains siswa di Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah Kecamatan Bolano Lambunu masih sangat rendah karena belum maksmalnya guru dalam melakukan pembelajaran yang eksplisit dalam melatih keterampilan proses sains.
Kata Kunci : Literasi Sains, Nominal, Fungsional, Konseptual, dan Multidimensional.
Download files