ESSAY

Writer / NIM
WIRDA ABDULLAH / 705521010
Study Program
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Advisor 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstract
ABSTRAK Wirda Abdullah. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terintegrasi Metode Blended Learning Tipe Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Biologi. Pembimbing : (I)Prof. Dr. Elya Nusantari, M.Pd., (II) Dr Lilan Dama, S.Pd., M.Pd Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Metode Blended Learning Tipe Flipped Classroom yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemandirian belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall (1998) yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dengan kisaran 80% hingga 95%. Untuk uji kepraktisan khususnya pada aktivitas guru pada semua pertemuan berkisar antara 86,4% hingga 97,9% dengan kategori sangat praktis. Untuk aktivitas peserta didik menunjukkan skor penilaian dengan rentang 84,2% hingga 97,9% dengan kategori sangat praktis. Pada uji efektivitas, terjadi peningkatan penguasaan konsep peserta didik sesuai level taksonomi bloom dari pretest sesuai dengan indikator mengingat 45%, memahami 35%, menerapkan 32,5%, menganalisis 30%, mengevaluasi 25% dan mencipta 25% meningkat pada posttest dengan indikator mengingat 92,5%, memahami 85%, menerapkan 85%, menganalisis 82,5%, mengevaluasi 85% dan mencipta 75%. Pada penilaian kemandirian belajar juga terjadi peningkatan peserta didik dari pretest sesuai indikator percaya diri 31,5%, keaktifan 28,5%, disiplin 30% dan tanggung jawab 31% meningkat pada posttest dengan indikator percaya diri 86,5%, keaktifan 88,5%, disiplin 89,5% dan tanggung jawab 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran terintegrasi metode blended learning tipe flipped classroom untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemandirian belajar peserta didik pada materi pembelahan sel memenuhi kriteria validitas, kepraktis dan efektivitas. Kata kunci : perangkat pembelajaran, blended learning, flipped classroom penguasaan konsep, kemandirian belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011