ESSAY

Writer / NIM
DAHLAN LATIF / 705521011
Study Program
S2 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
Advisor 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstract
DAHLAN LATIF. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Materi Pewarisan Sifat Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi. Pembimbing (1) Dr. Frida Maryati Yusuf, M.Pd (II) Dr. Lilan Dama, M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving materi pewarisan sifat yang memiliki kriteria valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian adalah RPP, LKPD dan Instrumen Tes. Berdasrkan hasil penelitian menunjukan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan RPP, LKPD dan Instument Tes memenuhi kriteria valid dan sangat valid. Aspek kepraktisan keterlaksanaan kegiatan guru dalam proses pembelajaran memenuhi kriteria sangat baik, penilaian aktivitas peserta didik uji coba skala terbatas dan uji skala luas masuk pada kriteria praktis dan sangat praktis. Aspek keefektifan berdasarkan angket respon peserta didik berada pada kategori sangat baik dan penilaian hasil belajar peserta didik menunjukan adanya perubahan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan tes kemampuan berpikir kritis uji coba lapangan terbatas pada hasil pretest peserta didik tes kemampuan berfikir kritis sesuai dengan indicator berpikir kritis memberikan penjelasan sederhana memperoleh 30,47%, membangun keterampilan dasar memperoleh 25%, memberikan penjelasan lanjut memperoleh 14,48%, mengatur tehnik mengembangkan penjelasan 7,04% dan menyimpulkan 0 % sedangkan pada post test peserta didik sesuai dengan indicator berpikir kritis memberikan penjelasan sederhana memperoleh 82,03%, membangun keterampilan dasar memperoleh 84,37%, memberikan penjelasan lanjut memperoleh 86,72%, mengatur tehnik mengembangkan penjelasan 83,59% dan menyimpulkan 80,47 % dan uji coba lapangan luas pada hasil pretest peserta didik tes kemampuan berfikir kritis sesuai dengan indicator berpikir kritis memberikan penjelasan sederhana memperoleh 28,63%, membangun keterampilan dasar memperoleh 29,03%, memberikan penjelasan lanjut memperoleh 41,76%, mengatur tehnik mengembangkan penjelasan 28,04% dan menyimpulkan 32,86% sedangkan pada post test peserta didik sesuai dengan indicator berpikir kritis memberikan penjelasan sederhana memperoleh 64,92%, membangun keterampilan dasar memperoleh 60,08%, memberikan penjelasan lanjut memperoleh 75,00%, mengatur tehnik mengembangkan penjelasan 73,99% dan menyimpulkan 67,94%. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Problem Solving, Berpikir kritis
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011