ESSAY

Writer / NIM
FIRANI CHRISTIANTI UTUSAN / 706519002
Study Program
S2 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Abstract
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri berbasis LMS pada materi listrik dinamis, mengetahui validitas, keefektifan, dan kepraktisan produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Bolangitang dengan jumlah responden 15 orang. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yaitu lembar validasi ahli, instrumen tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil untuk uji kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil perhitungan rata-rata uji ahli isi, ahli desain dan ahli media pembelajaran memperoleh rata-rata skor sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid. Hasil perolehan nilai N-Gain untuk mengetahui tingkat efektivitas perangkat pembelajaran diperolah nilai N-Gain untuk mengetahui tingkat efektivitas perangkat pembelajaran diperoleh skor sebesar 0,77 dengan kriteria efektif, untuk respon peserta didik memperoleh rata-rata 70,06 dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disimpulkan bahwa perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria untuk kualitas produk yaitu kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Kata Kunci : learning management system, inkuiri, listrik dinamis
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011