ESSAY

Writer / NIM
NURUL FITRIAH DUDA / 706519004
Study Program
S2 - PENDIDIKAN FISIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Advisor 2 / NIDN
Dr. NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstract
Nurul Fitriah Duda. 2022, Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis mitigasi bencana alam di daerah pesisir teluk tomini untuk mendorong pencapaian SDGs Goals 4 dan 13. Program Studi Magister Pendidikan Fisika. Pembimbing I Dr. Raghel Yunginger, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Dr. Nova Elysia Ntobuo, S.Pd, M.Pd. Universitas Negeri Gorontalo Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis mitigasi bencana alam dengan melihat kualitas perangkat melalui kevalidan, kepraktisan serta keefektifan perangkat. Penelitian pengembangan ini dilakukan di SMK Negeri 1 Popayato dengan tiga pertemuan pada materi pembahasan fluida. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas X SMK Jurusan APPL (Agribisnis Perikanan Payau dan Laut) pada tahun aran 2021-2022 semester genap. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada desain model 4-D yaitu dengan tahap define, design, develop dan disseminate.Sedangkan model pembelajaraan yang digunakan untuk mendukung perangkat ini adalah model Project Based Learning (PJBL) dengan sintaks model yaitu; penentuan pertanyaan mendasar, mendesain perancangan proyek, menyusun jadwal, monitoring proses penyelesaian proyek, menguji hasil / presentasi, evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kualitas kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Perangkat pembelajaran dikatakan valid berdasarkan hasil penilaian dari 2 validator ahli yang di dukung dengan perolehan data kevalidan dengan kriteria Valid, dimana peroleh kevalidan silabus sebesar 3,84, RPP 3,63, Bahan ajar 3,67 dan LKPD sebesar 3,71. Hasil Kepraktisan berdasrkan analisis keterlaksanaan proses pembelajaran dan juga pengamatan aktivitas siswa. Keterlaksanaan proses berada pada kategori sangat baik yaitu 90,79 %. Sedangkan presentasi sangat baik untuk aktivitas siswa sebesar 62,5% dan presentasi baik sebesar 37,5%. Keefektifan perangkat dilihat dari penilaian proyek dalam bentuk laporan hasil pengamatan bencana alam di daerah pesisir yang memperoleh kriteria penilaian Sangat Baik, dan juga berdasarkan penilaian ketuntasan Hasil belajar siswa sebesar 100% dengan N-Gain sebesar 0,69 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis dta kualitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkanmaka dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis mitigasi bencana alam di daerah pesisir teluk tomini untuk mendorong pencapaian SDGs Goals 4 dan 13 dikatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran mitigasi bencana alam, pesisir teluk tomini, Project Based Learning
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011