ESSAY

Writer / NIM
SRI ISNAWATY NINGSI HASANIA / 707519001
Study Program
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Abstract
ABSTRAK Sri Isnawaty N. Hasania. 2021. Transformasi Pembelajaran Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Intellegence di SDN 27 Kota Selatan. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan. Pembimbing: (I) Prof Dr Abd Kadim Masaong, M.Pd (II) Dr. Hj. Sitti Roskina Mas, MM, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) Transformasi pembelajaran untuk penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kecerdasan Intelektual di SDN 27 Kota Selatan, (2) Transformasi pembelajaran untuk penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kecerdasan Emosional di SDN 27 Kota Selatan, (3) Transformasi pembelajaran untuk penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kecerdasan Spritual di SDN 27 Kota selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan field research dengan metode pengumpulannya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi Sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa terlihat aktivitas siswa yang memiliki beberapa kemampuan yaitu; (1) Kemampuan membedakan yang benar dan yang salah; baik dan buruk. (2). Kemampuan menghargai dan berbagi pengalaman serta mengutamakan kepentingan orang lain. (3). Kemampuan membangun persaudaraan dan persahabatan. (4). Rasa ingin tahu terhadap berbagai hal. (5). Kemampuan berfikir dan mengekspresikan diri. (6). Rasa percaya dan bangga terhadap hasil karyanya. (7). Suka berkompetisi. (8). Sikap kebiasaan hidup sehat dan (9). Mencintai Indonesia. Sementara itu pada aspek kecerdasan emosional diperoleh bahwa guru menggunakan desain pembelajaran berbasis proyek dalam rangka menjadikan siswa tidak pernah mundur dari tantangan dengan menjunjung integritas tinggi walaupun belajar dari rumah. Siswa terlihat aktif dalam diskusi dan bekerja sebagai tim dan saling bergantian untuk mempresentasikan proyek hasil diskusi kelompok. Pada aspek Kecerdasan Spritual diperloleh hasil analis bahwa guru menanamkan semangat peserta didik dalam meningkatkan rasa cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa, melaksanakan tugas secara mandiri, akuntabel dan tranparansi. Berdasarkan hal-hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Transformasi Pembelajaran Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Intellegence di SDN 27 Kota Selatan sudah berjalan sesuai prosedurnya sehingga diharapkan biasa menjadi rujukan untuk pengembangan penelitian lainnya. Kata kunci: Transformasi Pembelajaran, Penguatan Pendidikan Karakter, Multiple Intellegence
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011