ESSAY

Writer / NIM
ROSITA HIDIJA / 707519002
Study Program
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstract
ABSTRAK ROSITA HIDIJA. 2021. Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kebutuhan di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Gorontalo. Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris,M.Sc dan Pembimbing II Dr. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) persiapan pembelajaran berbasis kebutuhan di SLB Negeri Kota Gorontalo, (2) pelaksanaan pembelajaran berbasis kebutuhan di di SLB Negeri Kota Gorontalo, dan (3) penilaian pembelajaran berbasis kebutuhan di SLB Negeri Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang terdiri dari kepala sekolah, guru tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis dan wakil orang tua siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Tehnik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan pembelajaran berbasis kebutuhan di SLB Negeri Kota Gorontalo yang meliputi: (a) identifikasi/asesmen merupakan upaya yang dilakukan guru bersama tim yang dibentuk sekolah untuk mendapatkan gambaran tentang hambatan dan kompetensi yang perlu dikembangkan kepada anak (b) PPI adalah upaya guru dalam memrogramkan pembelajaran berbasis individual yang sesuai dengan kompetensis anak, (c) intervensi pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan kurikulum sekolah sesuai dengan hambatan belajar (d) modifikasi materi pembelajaran adalah penyesuaian materi pembelajaran 2) pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: (a) keterampilan guru dalam berkomunikasi adalah upaya guru dalam menyampaikan materi pelajaran agar menarik, tidak membosankan dan memberi motivasi pada anak, (b) strategi dan metode adalah upaya guru dalam mengatur pengelolaan kelas sesuai hambatan yang ada pada anak (c) sumber dan media pembelajaran, merupakan penunjang pembelajaran, (3) penilaian pembelajaran berbasis kebutuhan yang meliputi: (1) perencanaan penilaian merupakan upaya guru dalam mempersiapkan penilaian baik dalam menyusun kisi-kisi soal, bentuk soal, jumlah soal dan instrumen penilaian yang akan digunakan, sedangkan (2) pelaksanaan penilaian adalah upaya guru dalam melaksanakan penilaian baik penugasan, ulangan harian (UH), ulangan tengah semester (UTS) dan penilaian akhir semester (PAS) atau ujian akhir sekolah (UAS) Kata Kunci : Pengelolaan pembelajaran berbasis kebutuhan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011