ESSAY

Writer / NIM
SEFTIANISA AMAY / 707519011
Study Program
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Advisor 2 / NIDN
ZULYSTIAWATI, S.S.,M.Ed., PhD / 0008038306
Abstract
ABSTRAK SEFTIANISA AMAY. 2021. Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Tesis. Program Pacasarjana Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sitti Roskina Mas, M.Pd dan Pembimbing II Zulystiawati, M.Ed, Ph. D Penelitian ini difokuskan pada Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Merdeka Belajar dengan sub fokusnya: (1) pelakasanaan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan (2) program merdeka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelakasanaan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan (2) program merdeka belajar di SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kepala sekolah dalam mengimplementasikan kepemimpinan pembelajaran mengutamakan visi dan misi sekolah yang ingin mewujudkan SMA Negeri 1 Gorontalo sebagai generasi SMART. Tenaga pendidik diberikan keleluasaan untuk mendesai pembelajaran yang berfokus pada peserta didik. Pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dilakukan dengan cara berdiskusi secara langsung maupun tidak langsung dengan tenaga pendidik, aktif mendukung komunitas belajar tenaga pendidik, mengamati secara langsung proses pembelajaran dalam rangka monitoring dan melaksanakan rapat rutin untuk mengevaluasi setiap program dan atau kegiatan, dan mengedepankan tiga hal yakni 3K yaitu koordinasi, lalu konsultasi dan komunikasi, (2) Program merdeka belajar di SMA Negeri 1 Gorontalo bukan hanya tentang peserta didik namun juga tentang tenaga pendidik. Karena dengan adanya kebijakan penyederhanaan RPP ini, tenaga pendidik dapat meningkatkan kompetensi dengan cara mengikuti pelatihan, workshop serta webinar. Pihak sekolah menyediakan fasilitas yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran secara daring. Adapun implementasi AKM dan survey karakter ada dalam bentuk soal HOTS dan penguatan karakter serta pihak sekolah selalu aktif berkomunikasi dengan para orang tua peserta didik. Dalam mengimplementasikan system pendidikan merdeka belajar, SMAN 1 Gorontalo mengalami beberapa kendalam namun masih bisa diatasi oleh pihak sekolah dengann semaksimal mungkin Kata kunci: kepemimpinan, pembelajaran, merdeka belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011