ESSAY

Writer / NIM
MUFIDA M. LATINAPA / 707519012
Study Program
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Advisor 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstract
ABSTRAK MUFIDA M. LATINAPA, 2021. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru, Komitmen Kerja Guru Terhadap Pengendalian Konflik di SDN Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una Una. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Arfan Arsyad, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Arifin Suking, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kemampuan komunikasi interpersonal terhadap komitmen kerja guru; (2) pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah, kemampuan komunikasi interpersonal, dan komitmen kerja guru terhadap pengendalian konflik; (3) pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap pengendalian konflik melalui komitmen kerja guru, dan pengaruh tidak langsung kemampuan komunikasi interpersonal terhadap pengendalian konflik melalui komitmen kerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah seluruh guru SDN Kecamatan Ratolindo sebanyak 188 orang guru. Sampel sebanyak 130 orang guru. Besarnya ukuran sampel dihitung menggunakan rumus Nomogram Harry King, sedangkan teknik penarikan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menemukan: (1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap komitmen kerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kemampuan komunikasi interpersonal terhadap komitmen kerja guru, (3) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap pengendalian konflik, (4) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kemampuan komunikasi interpersonal terhadap pengendalian konflik, dan (5) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan komitmen kerja guru terhadap pengendalian konflik, (6) terdapat pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap pengendalian konflik melalui komitmen kerja guru, dan (7) terdapat pengaruh tidak langsung kemampuan komunikasi interpersonal terhadap pengendalian konflik melalui komitmen kerja guru. Kata kunci: gaya kepemimpinan, komunikasi interpersonal guru, komitmen kerja, pengendalian konflik
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011