ESSAY

Writer / NIM
ANTON ALAINA / 707519014
Study Program
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstract
ABSTRAK ANTON ALAINA. Pengaruh Intensitas Supervisi Akademik, motivasi berprestasi dan komitmen kerja terhadap kinerja Guru SDN di Kabupaten Tojo Una-Una. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana di bawah Bimbingan Bapak Prof.Dr. Ansar, S.Pd.,M.Si dan Dr.Hj. Nina Lamatenggo, SE.,M.Pd Tahun 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung intesitas supervisi akademik terhadap komitmen kerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (2) pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap komitmen kerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (3) pengaruh langsung intensitas supervisi akademik terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (4) pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (5) pengaruh langsung komitmen guru terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. (6) pengaruh tidak langsung intensitas supervisi akademik terhadap kinerja guru melalui komitmen kerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una.(7) pengaruh tidak langsung motivasi berprestasi terhadap kinerja guru melalui komitmen kerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Kabupaten Tojo Una-Una yang berjumlah 885 orang sedangkan sampel adalah 264 orang guru. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan intesitas supervisi akademik terhadap komitmen kerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una sebesar 71.2%. (2) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap komitmen kerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una sebesar 58.0%. (3) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan intensitas supervisi akademik terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una sebesar 15.9%. (4) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una sebesar 11.8%. (5) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan komitmen guru terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una sebesar 12.9%. (6) terdapat pengaruh tidak langsung intensitas supervisi akademik terhadap kinerja guru melalui komitmen kerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una sebesar 55.5%.(7) terdapat pengaruh tidak langsung positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru melalui komitmen kerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una sebesar 12.1%. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi pelaksanaan intensitas supervisi akademik, motivasi berprestasi, komitmen guru maka akan semakin tinggi kinerja guru Kata kunci: intensitas supervisi akademik, motivasi berprestasi, komitmen kerja dan kinerja guru
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011