ESSAY

Writer / NIM
RAHMAWATI SADI / 707519022
Study Program
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Advisor 2 / NIDN
Dr. ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstract
ABSTRAK RAHMAWATI SADI. Pengaruh Intensitas Pembimbingan Supervisi Akademik, Perilaku Kepemimpinan Pembelajaran, dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Terhadap Kemampuan Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana di bawah Bimbingan Dr. H. Arfan Arsyad, M.Pd dan Dr. Arifin, M.Pd Tahun 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung intensitas pembimbingan supervisi akademik terhadap pengembangan keprofesian berkelanjutan . (2) pengaruh langsung perilaku kepemimpinan pembelajaran terhadap pengembangan keprofesian berkelanjutan. (3) pengaruh langsung intensitas pembimbingan supervisi akademik terhadap kemampuan mengajar guru. (4) pengaruh langsung perilaku kepemimpinan pembelajaran terhadap kemampuan mengajar guru. (5). pengaruh langsung pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap kemampuan mengajar guru. (6) pengaruh tidak langsung intensitas pembimbingan supervisi akademik terhadap kemampuan mengajar guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan. (7) pengaruh tidak langsung perilaku kepemimpinanp pembelajaran terhadap kemampuan mengajar guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Kabupaten Tojo Una-Una yang berjumlah 174 orang sedangkan sampel adalah 129 orang guru. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) pengaruh langsung positif dan signifikan Intensitas Pembimbingan Supervisi Akademik terhadap pengembangan profesi berkelanjutan di Kabupaten Tojo Una-una (2) pengaruh langsung positif dan signifikan perilaku kepemimpinan pembelajaran terhadap pengembangan keprofesian berkelanjutan di Kabupaten Tojo Una-una. (3) pengaruh tak langsung positif dan signifikan Intensitas Pembimbingan Supervisi Akademik terhadap kemampuan mengajar di Kabupaten Tojo Una-una. (4) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan perilaku kepemimpinan pembelajaran terhadap kemampuan mengajar guru di Kabupaten Tojo Una-una. (5) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru terhadap kemampuan mengajar guru. (6) Terdapat pengaruh tidak langsung positif dan signifikan Intensitas Pembimbingan Supervisi Akademik terhadap kemampuan mengajar guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan di Kabupaten Tojo Una-una. (7) Terdapat pengaruh tidak langsung positif dan signifikan perilaku kepemimpinan pembelajaran terhadap kemampuan mengajar guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan di Kabupaten Tojo Una-una. Kata kunci: intensitas pembimbingan supervisi akademik, perilaku kepemimpinan pembelajaran, pengembangan keprofesian berkelanjutan, kemampuan mengajar guru
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011