ESSAY

Writer / NIM
RAHMA ANDI ACOK / 707519032
Study Program
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Advisor 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstract
ABSTRAK RAHMA ANDI ACOK. 2021. Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dasar Pada Daerah Terpencil Di Kabupaten Tojo Una-Una.Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Siti Roskina Mas., M.M., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Arifin Suking, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) upaya kepala sekolah dalam mengkoordinasi program pembelajaran dengan guru di SDN terpencil, (2) upaya kepala sekolah dalam memotivasi guru untuk memperbaiki pembelajaran di SDN terpencil, (3) upaya kepala sekolah dalam menciptakan proses belajar mengajar yang kondusif di SDN terpencil, (4) upaya kepala sekolah dalam melakukan evaluasi peserta didik di SDN terpencil, dan (5) upaya kepala sekolah dalam membangun komunitas pembelajaran di SDN terpencil Kabupaten Tojo Una-Una. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan 1) kepercayaan, 2) Triangulasi, 3) memperpanjang pengamatan, 4) confirmability. Hasil penelitian menunjukkan: (1) upaya kepala sekolah dalam mengkoordinasi program pembelajaran dengan guru di SDN terpencil melalui;(a) melakukan kerjasama dengan guru sebagai petunjuk terhadap guru untuk mencapai tujuan sekolah,(b) memberikan kesempatan pada guru untuk menyampaikan saran, tanggapan terhadap perencanaan program kegiatan sekolah, dan(c) melakukan perencanaan pembelajaran pada setiap tahun untuk pelaksanaan program kegiatan pembelajaran,(2) upaya kepala sekolah dalam memotivasi guru untuk memperbaiki pembelajaran di SDN daerah terpencil melalui:(a) pemberian motivasi baik dari dalam maupun dari luar secara terus menerus untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas, (b) memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi serta mencurahkan perhatian kepada pegawai yang dan semua stakeholder yang berada di sekolah, dan (c) membangun kerja sama antar guru, kepala sekolah, masyarakat, (3) upaya kepala sekolah dalam menciptakan proses belajar mengajar yang kondusif di SDN daerah terpencil dilakukan dengan:(a) mengarahakan seluruh warga sekolah untuk dapat menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman, (b) menumbuhkan kesadaran diri dari guru maupun siswa untuk tetap berperilaku disiplin menjaga nilai-nilai yang memang sudah tertanam pada sekolah,(4) upaya kepala sekolah dalam melakukan evaluasi pembelajaran peserta didik di SDN daerah terpencil dilakukan dengan (a) mengontrol pelaksanaan evaluasi setiap mata pelajaran (formatif, sumatif, dan pelaksanaan ujian mata pelajaran pada semester ganjil dan genap),(b) mengarahkan guru untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran pada setiap mata pelajaran,(c) menyiapkan fasilitas pembelajaran,(5)upaya kepala sekolah dalam membangun komunitas pembelajaran di SDN daerah terpencil dilakukan dengan: (a) meningkatkan pelayan baik untuk peserta didik maupun guru, dan (b) memberikan sosialisasi terhadap masyarakat setempat bahwa pendidikan sangatlah penting untuk masa depan. Kata kunci : kepemimpinan pembelajaran, proses belajar mengajar, daerah terpencil
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011