ESSAY

Writer / NIM
JUSUF UMALA / 707519036
Study Program
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. SITTI ROSKINA MAS, MM, M.Pd / 0007046603
Abstract
ABSTRAK JUSUF UMALA 2021. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual, dan Budaya Sekolah Terhadap Penguatan Karakter Siswa SDN di Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Dr. Sitti Roskina Mas, M.M.,M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap penguatan karakter (2) pengaruh langsung kecerdasan spritual terhadap penguatan karakter. (3) pengaruh langsung budaya sekolah terhadap penguatan karakter. (4) pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap budaya sekolah. (5) pengaruh langsung kecerdasan spritual terhadap budaya sekolah. (6) pengaruh tak langsung kecerdasan emosional terhadap penguatan karakter melalui budaya sekolah, (7) pengaruh tak langsung kecerdasan spritual terhadap penguatan karakter melalui budaya sekolah di Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SDN di Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una yang berjumlah 174 orang sedangkan sampel adalah 129 orang guru. Teknik pengambilan data menggunakan simple random sampling (Nomogram Hary King) yang dikumpulkan melalui penyebaran angket dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap penguatan karakter. (2) terdapat pengaruh langsung kecerdasan spritual terhadap penguatan karakter. (3) terdapat pengaruh langsung budaya sekolah terhadap penguatan karakter. (4) terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap budaya sekolah. (5) terdapat pengaruh langsung kecerdasan spritual terhadap budaya sekolah. (6) terdapat pengaruh tak langsung kecerdasan emosional terhadap penguatan karakter melalui budaya sekolah, (7) terdapat pengaruh tak langsung kecerdasan spritual terhadap penguatan karakter melalui budaya sekolah di Kecamatan Ampana kota Kabupaten Tojo Una-Una hal ini berarti bahwa semakin tinggi pelaksanaan kecerdasan spritual, budaya sekolah maka akan semakin tinggi penguatan karakter Kata kunci: kecerdasan emosional, kecerdasan spritual, budaya sekolah, penguatan karakter
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011