ESSAY

Writer / NIM
EVARIANI TANIU / 707519041
Study Program
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Advisor 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstract
Evariani Taniu. 707 519 041. 2021. Assesment Kebutuhan Guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Bone Bolango. Tesis Program Studi S2 Administrasi Pendidikan, Program Pasca Sarajana, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Dr. Arifin Suking, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proyeksi dan enrollment siswa Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Bone Bolango tahun 2021-2025. (2) pemetaan kebutuhan guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Pendekatan dalam penelitian ini yakni kuantitatif. Analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proyeksi rombongan belajar (Rombel) Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kabupaten Bone Bolango cenderung naik dimana pada tahun 2015-2020 jumlah Rombel sebanyak 828 rombel kemudian meningkat sebesar 4,71% pada tahun 2021-2025 menjadi 867 rombel. Rata-rata sekolah pada tahun proyeksi 2021-2025 dalam keadaan siswa masuk (new enterants) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang lulus sehingga peningkatan trend enrollment siswa setiap tahun ini berimplikasi pada peningkatan rombongan belajar yang akhirnya akan berdampak pada peningkatan kebutuhan guru di Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. (2) Pemetaan guru di Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kabupaten Bone Bolango masih kurang ideal karena adanya kecenderung kekurangan dan kelebihan guru. Ketersediaan guru pada tahun 2020 masih belum memenuhi kebutuhan guru ideal pada tahun 2020 dan pada tahun proyeksi 2021-2025, Kabupaten Bone Bolango akan mengalami kekurangan guru yang cukup besar karena adanya peningkatan siswa dan rombongan belajar ideal. Kata kunci: Assesment Kebutuhan Guru, Enrollment Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011