ESSAY

Writer / NIM
WARTIN MASONI / 707520017
Study Program
S2 - ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Advisor 1 / NIDN
DR ARFAN ARSYAD, M.Pd / 9990059559
Advisor 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstract
ABSTRAK Wartin Masoni, 2022. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Supervisi model Cooperative Profesional Development di SMA Negeri 1 Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango. Program Studi Adminisrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (I) Dr. Arfan Arsyad, M.Pd dan (II) Dr. Besse Marhawati, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan dan mendeskripsikan: (1) pelaksanaan supervisi model Cooperative Profesional Development CPD) di SMA Negeri 1 Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango. (2) peningkatan kompetensi profesional guru melalui supervisi model Cooperative Profesional Development (CPD) di SMA Negeri 1 Suwawa Timur kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah alur kegiatan bersiklus yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru yang ada di SMA Negeri 1 Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango yang terdiri 1 tim 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi. Dari pelaksanaan tindakan diperoleh hasil bahwa melalui supervisi model CPD di SMA Negeri 1 Suwawa Timur Bone Bolango dapat meningkatkan kompetensi profesional guru melalui supervisi model CPD yaitu : (1) rata-rata skor pelaksanaan supervisi model CPD pada observasi awal adalah 64%, kompetensi profesional guru pada observasi awal adalah 66,2 % masih kurang.(2) siklus I menunjukkan capaian 77,2% atau berada pada kategori meningkat dan kompetensi profesional guru model CPD memperoleh capaian 77,65% atau berada pada kategori meningkat. Pada siklus II (3) rata-rata skor pelaksanaan supervisi model CPD siklus II menunjukkan capaian 96,42% atau berada pada kategori sangat baik dan kompetensi profesional guru model CPD memperoleh capaian 94,8% atau berada pada kategori Sangat baik Hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa supervisi model Cooperative Profesional Development yang dilakukan dapat meningkatkan kompetensi guru. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Cooperative Profesional Development (CPD) di SMA Negeri 1 Suwawa Timur kabupaten Bone Bolango telah berjalan dengan optimal. Dari hasil temuan disarankan bahwa; (1) Diharapkan peningkatan Kompetensi profesional guru pada kegiatan pembelajaran dapat dilakukan melalui layanan supervisi model CPD, sehingga guru dapat mengembangkan kemampuannya sesuai dengan masalah yang dihadapinya dalam pembelajaran, (2) supervisi model CPD perlu dilakukan secara konsisten dengan mengikuti prosedur atau tahapan supervisi CPD mulai dari pertemuan awal, melakukan observasi kelas, serta melakukan pertemuan balikan, (3) Sekolah perlu mengoptimalkan pelaksanaan supervisi model CPD dengan cara melakukan penyusunan program tindak lanjut supervisi model CPD, serta melakukan analisis untuk mengkaji keberhasilan pelaksanaan supervisi model CPD. Kata Kunci: Kompetensi profesional guru melalui supervisi model CPD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011