ESSAY

Writer / NIM
SARDIANAH / 708513010
Study Program
S2 - PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Advisor 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstract
ABSTRAK Sardianah. 2020. Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual dan Kreativitas Siswa terhadap Kemampuan Menulis Puisi di SMP Negeri 1 Atinggola. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Muslimin, S.Pd., M.Pd., pembimbing II: Dr. Salam, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang pengaruh penerapan teknik menulis dan kreativitas terhadap hasil belajar menulis puisi pada siswa SMP Negeri 1 Atinggola. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan melibatkan dua variabel bebas, yaitu teknik konstruktivisme dan pemodelan; dan satu variabel yang dikendali (atribut) yaitu kreativitas siswa, yang dibagi atas kreativitas tinggi dan kreativitas rendah; serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar menulis puisi. Desain penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2 x 2. Sementara, data penelitian diperoleh melalui tes unjuk kerja menulis puisi pada siswa yang menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian ini menemukan: (1) secara keseluruhan hasil belajar menulis puisi bagi siswa yang belajar dengan teknik konstruktivisme maupun yang belajar dengan metode pemodelan memberikan perbedaan yang signifikan. Ini berati bahwa teknik konstruktivisme memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar menulis puisi jika dibandingkan dengan metode pemodelan; (2) bagi siswa yang mempunyai kreativitas tinggi, teknik konstruktivisme memberikan hasil belajar menulis puisi yang lebih besar jika dibandingkan dengan hasil belajar menulis puisi melalui metode pemodelan; (3) bagi siswa yang mempunyai kreativitas rendah, teknik konstruktivisme memberikan hasil belajar menulis puisi yang lebih kecil jika dibandingkan dengan hasil belajar menulis puisi melalui metode pemodelan; dan (4) terdapat interaksi antara teknik menulis dan kreativitas terhadap hasil belajar menulis puisi. Ini berarti bahwa teknik konstruktivisme lebih unggul daripada metode pemodelan bagi siswa yang mempunyai kreativitas tinggi, sedangkan bagi siswa yang mempunyai kreativitas rendah lebih cocok dengan metode pemodelan. Kata Kunci: teknik konstruktivisme, kreativitas, hasil belajar, menulis puisi. ABSTRACT Sardianah. 2020. The Effect of the Application of a Contextual Approach and Student Creativity on the Ability to Write Poetry at SMP Negeri 1 Atinggola. Thesis. Gorontalo State University Postgraduate Program. Advisor I: Dr. Muslimin, S.Pd., M.Pd., supervisor II: Dr. Regards, S.Pd., M.Pd. This study aims to obtain a clear picture of the effect of the application of writing techniques and creativity on learning outcomes to write poetry in students of SMP Negeri 1 Atinggola. This study used an experimental method, involving two independent variables, namely constructivism and modeling techniques; and one controlled variable (attribute), namely student creativity, which is divided into high creativity and low creativity; and one dependent variable, namely the results of learning to write poetry. The research design used was a 2 x 2 factorial design. Meanwhile, the research data were obtained through writing poetry performance tests for students who were the research samples. The results of this study found: (1) the overall results of learning to write poetry for students who studied constructivism and those who studied with modeling methods gave a significant difference. This means that constructivism has a greater influence on learning outcomes to write poetry when compared to modeling methods; (2) for students who have high creativity, the constructivism technique provides greater learning outcomes to write poetry than the learning outcomes of learning to write poetry through modeling methods; (3) for students who have low creativity, the constructivism technique gives smaller learning outcomes to write poetry than the learning outcomes of learning to write poetry through modeling methods; and (4) there is an interaction between writing techniques and creativity on learning outcomes to write poetry. This means that the constructivism technique is superior to the modeling method for students who have high creativity, while for students who have low creativity it is more suitable for the modeling method. Keywords: constructivism technique, creativity, learning outcomes, writing poetry.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011