ESSAY

Writer / NIM
OKTAVIANTI MAWARTININGSIH DARUSSALAM / 708518005
Study Program
S2 - PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Advisor 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstract
MODEL MEDIA PEMBELAJARAN DRAMA BERBASIS KONTEKSTUAL (Penelitian Pengembangan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Kotamobagu) OKTAVIANTI MAWARTININGSIH DARUSSALAM e-mail: oktaviantidarussalam28@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model media pembelajaran drama berbasis kontekstual yang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas XI pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, materi bermain drama di SMA Negeri 2 Kotamobagu. Pengembangan media pembelajaran drama ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D dan Four D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Siswa membutuhkan model pembelajaran secara langsung di lapangan dan bukan hanya fokus belajar di dalam kelas, media yang digunakan selama ini kurang menarik, tidak pernah membuat project yang diciptakan oleh siswa, siswa membutuhkan media belajar (ii) Media pembelajaran yang saat ini digunakan belum maksimal untuk meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini terkait dengan pembelajaran secara Daring (Dalam Jaringan) sehingga siswa sulit memahami penjelasan dari guru karena kendala jaringan yang tidak stabil, masih sulit menyesuaikan pembelajaran tidak tatap muka. Mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk materi bermain drama termasuk mata pelajaran praktik, namun, hal ini tidak terpenuhi di dalam proses pembelajaran bermain drama yang sementara digunakan (iii) Pembelajaran bermain drama berbasis kontekstual menuntun kemampuan siswa untuk mampu menciptakan karya, selain penguasaan konsep dan strategi pemahaman bermain drama siswa secara teoritik harus mampu mengimplementasikan pengetahuan tersebut berupa keterampilan melakoni drama kemudian dibuat sebuah film pendek sesuai dengan kenyataan di lapangan (iv) Hasil telaah dan penilaian pakar media pembelajaran drama sangat layak digunakan dengan rerata penilaian 4.24. Penerapan model media pembelajaran berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil pembelajaran materi bermain drama kelas XI di SMA Negeri 2 Kotamobagu. Hal ini dilihat dari tes statistik menggunakan uji Mann Whitney hasil belajar pada kelas kontrol dan hasil belajar kelas eksperimen nilai Asymo.sig.(2-tailed) sebesar 0.001, maka dapat simpulkan bahwa lebih kecil dari 0.05 artinya Ho ditolak.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011