ESSAY

Writer / NIM
DEIBY PONTO / 708520012
Study Program
S2 - PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Advisor 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstract
ABSTRAK Deiby Ponto. 2022. Afiks Bahasa Minahasa dan Manfaatnya dalam Penyusunan Bahan Ajar Muatan Lokal di Sekolah Dasar. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Salam, S.Pd., M.Pd,. pembimbing II: Dr. Muslimin, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh memperoleh deskripsi yang mendalam tentang afiks bahasa Minahasa dan manfaatnya dalam penyusunan bahan ajar muatan lokal di SD. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi: (i) jenis afiks bahasa Minahasa, dan (ii) manfaat afiks bahasa Minahasa dalam penyusunan bahan ajar muatan lokal bahasa Gorontalo di sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan bermanfaat baik teoretis, praktis, maupun aplikatif. Manfaat teoretis: (1) memberikan sumbangan kajian kebahasaan bahasa Minahasa, (2) memperkaya dan menambah khasanah data kebahasaan bahasa Minahasa, khususnya dalam aspek afiksasi. Manfaat praktis: (1) bagi peneliti, hasil penelitian ini merupakan wujud implementasi pengetahuan kebahasaan dan pengetahuan metodologi penelitian, (2) bagi pembaca, dapat dijadikan bahan informasi data kebahasaan bahasa Minahasa. Selanjutnya, manfaat aplikatif yaitu: (1) hasil penelitian ini dimanfaatkan dalam penyusunan bahan ajar muatan lokal bahasa Minahasa di sekolah dasar, dan (2) afiks bahasa Minahasa memperkaya khasanah materi pembelajaran muatan lokal di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa data afiks bahasa Minahasa. Sumber data adalah berupa hasil terjemahan bahasa Minahasa dari informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan terjemahan. Prosedur analisis data yaitu: mentranskrip hasil rekaman, mengidentifikasi, mengklasifikasi, menginterpretasikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, Afiks yang terdapat dalam bahasa Minahasa yaitu: (i) prefiks terdiri atas: ma-, maka-, me-, pinaka, p a-, ka-, ta-, mapa-, ipaka, sanga-.; (ii) sufiks: -an yang ditambahkan pada kata kerja yang berfungsi membentuk kata kerja kalimat perintah. (iii) Infiks terdiri atas: â�"in- dan â�"um-. Infiks â�"in- jika disisipkan pada kata dasar kata kerja akan membentuk aspek kompletif yang menyatakan pekerjaan yang telah terlaksana. (iv) Konfiks terdiri atas: me-an dan pinaka-an. Kedua, Pemanfaatan afiks bahasa Minahasa dalam penyusunan bahan ajar dimulai dengan identifikasi kompetensi dasar (KD), diperoleh sejumlah 7 (tujuh) KD yang secara eksplisit menyatakan penggunaan bahasa daerah. Ketujuh KD ini tersebar pada kelas I: 3 KD dan kelas II: 4 KD. Dengan demikian, semua jenis afiks yang ada dalam bahasa Minahasa dimanfaatkan dalam penyusunan bahan ajar yang berhubungan dengan materi: ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, pemberian pujian, ajakan, petunjuk, pemberitahuan, perkenalan diri dan keluarga, keragaman benda, lingkungan, dan puisi anak. Kata Kunci: afiks, bahasa Minahasa, muatan lokal
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011